Berkat P3S, Pengamen ini bisa melanjutkan sekolah.

Jakarta, Dinas Sosial -- Ricky 15 th sedang mengamen di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, ketika turun dari mobil yang ia naiki tiba_tiba sudah ada tiga orang petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial atau P3S  Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur menghampiri, Ricky tidak bisa berkutik untuk kabur, tetapi petugas P3S ternyata menyapanya dengan ramah dan senyum.

Ricky diajak oleh petugas P3S ke tempat yang sepi untuk diwawancarai.

Awalnya ia takut dengan petugas tersebut tetapi setelah ngobrol beberapa saat maka hatinya agak tenang, Petugas menanyai identitasnya mulai dari usia, lahir di mana, keluarganya di mana, tempat tinggal di mana, masih sekolah apa tidak dan apa motivasinya mengamen.

 

Karena Ricky baru pertama kali diselamatkan petugas maka pertanyaan_pertanyaan petugas dijawab dengan sejujurnya dan apa adanya.

 

Ricky menjelaskan bahwa dia di Jakarta hidup sebatang kara tidak punya siapa_siapa, asalnya dari Solo Jawa Tengah, dia mengamen memang untuk memenuhi kebutuhan sehari_ hari, Itu juga tidak cukup dan hanya pas_pasan, dia juga menjelaskan sudah tidak sekolah lagi.

Ricky juga menjelaskan kepada petugas kalau sebenarnya dia kepingin sekolah lagi layaknya anak_anak yang lain dan bisa sekolah yang tinggi agar bisa kerja kantoran tapi apa daya karena tidak mempunyai biaya.

 

Kemudian petugas menanyakan lebih lanjut kepada Ricky apakah keinginannya itu bener_bener dari lubuk hati yang dalam atau hanya pura_pura, kalau memang mau sekolah dan bersedia hidup di panti maka akan dirujuk ke panti anak yang menyediakan pendidikan sekolah formal dan non formal.

 

Kemudian si Ricky menangis terharu dan menjawab terbata_bata bahwa dia memang sudah lama ingin sekolah lagi dan berani sumpah akan sungguh_sungguh belajar nanti di panti.

 

Setelah ada kesepakatan Kemudian petugas P3S merujuk ke Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4 Cengkareng, Ricky diterima dengan baik oleh petugas panti dan didata, untuk sementara Ricky mengikuti orientasi agar bisa hidup dengan baik di panti dan bisa mengikuti peraturan yg berlaku agar apa yang dicita-citakan bisa digapai tanpa kendala yang berarti.

 

Di PSAA Putra Utama 4 Cengkareng, Ricky akan  mendapat Pelayanan Pendidikan Formal dan Non Formal, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Permakanan, Pakaian, Olahraga, Keterampilan, Seni, dan Rekreasi, semua palayanan diberikan secara gratis tidak dipungut biaya sepeserpun.

 

Ricky berhak di panti tersebut sampai selesai pendidikan menengah atas selevel SMA atau SMK, setelah itu juga bisa melanjutkan kuliah atau bekerja.

Semoga Ricky bisa melalui hari_harinya di panti dengan semangat belajar dan bisa merajut cita-citanya demi menggapai masa depan yang cerah.