Penanganan ODGJ-ODMK, Dinsos Dirikan Kelompok Usaha Bersama

Jakarta, Dinas Sosial -- Dalam menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa dan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODGJ-ODMK), Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan PT. ConocoPhilips dalam mendirikan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

 

Kerjasama itu dalam mendirikan KUBE Perikanan dan KUBE Cuci Steam Motor bagi ODMK-ODGJ di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Cipayung, Jakarta Timur.

 

Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Tuty Sulistyaningsih mengemukakan, dalam mendukung proses pemulihan ODGJ-ODMK di pantinya perlu ada sarana pelatihan keterampilan.

 

"Selain pemberian obat, di panti kami berikan aktivitas KUBE. Ini untuk mendukung pemulihan mereka sebelum nanti masuk ke klaster tiga yaitu fase pemberdayaan," ujar Tuty saat ditemui pada Selasa (12/9).

 

Selain itu, katanya, kerjasama ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR untuk mengatasi permasalahan di Jakarta. PT. ConocoPhilips telah membantu Pemerintah melalui kerjasama pendirian KUBE di panti milik Dinas Sosial ini.

 

Kerjasama itu dilakukan dengan pembuatan turap kolam ikan seluas 36x12 meter persegi. Benih ikan, pakan ikan hingga perlengkapan steam motor bagi KUBE Steam Motor.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Heri Suhartono mengatakan, pendirian KUBE ini merupakan kelanjutan dari penanganan ODGJ-ODMK di Jakarta.

 

"Sebelumnya kami sudah meluncurkan buku Penanganan ODGJ-ODMK di DKI Jakarta. Sekarang kami lanjutkan dengan kerjasama pendirian KUBE," ujar Heri.

 

Menurutnya, perlu ada upaya terus menerus dalam penanganan ODGJ-ODMK ini. Terlebih melihat masih tingginya prevalensi ODGJ-ODMK di panti yang saat ini sudah hampir menyentuh angka 3000 orang.

 

Ia melanjutkan, dengan adanya kerjasama ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang tergabung ke dalam forum CSR DKI Jakarta sangat peduli terhadap ODGJ-ODMK

 

"Kami mendorong kepada perusahaan yang ingin bekerjasama dalam program CSR bisa ikut peduli terhadap permasalahan sosial DKI Jakarta," kata Heri.