Sebanyak 300 petugas gabungan dari berbagai dinas di Provinsi DKI Jakarta melakukan aksi bersih-bersih di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara, Selasa (14/2).

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, Ari Sonjaya mengatakan, aksi bersih-bersih masjid ini dilangsungkan dua hari sebelum direnovasi.

"Hari ini kita menerjunkan 300 orang dari beberapa instansi yang terlibat, terutama teman-teman dari Badan Pengelola Aset, dari SDA, dari Cipta Karya, dari lingkungan hidup, Bina Karya, Satpol PP, ada juga teman-teman dari Kecamatan, Kelurahan, dan tentunya dari Dinas Sosial itu sendiri. Mudah-mudahan dua hari ini selesai pembersihan semuanya," ujarnya.

Kepala UPK JIC, Zulkifli Said, menjelaskan pascakebakaran Oktober 2022 lalu, bangunan seluas 109.000 meter persegi yang terdapat masjid, cagar budaya berikut asrama di JIC ini akan direnovasi bertahap. Setelah dilakukan pembersihan, akan dilakukan kajian struktur bangunan oleh Dinas Cipta Karya sebagai titik awal rencana kedepan.

“Apakah akan direnovasi, siapa yang bertanggung jawab, siapa yang akan mengusulkan anggaran, siapa pengendali teknis dan selain sebagainya,” tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) yang berada di Jalan Kramat Jaya Raya, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara dilalap si jago merah. Kebakaran pada kubah JIC tersebut terjadi pada Rabu (19/10/2022) sekitar pukul 15.24 WIB.

Posted in Berita on 14 Feb, 2023