Memasuki bulan suci Ramadhan, Dinas Sosial DKI Jakarta bersama Satpol PP DKI Jakarta terus melakukan penanganan permasalahan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Penjangkauan PPKS di seluruh wilayah Jakarta mulai intensif dilakukan sejak apel bersama pada tanggal 9 Februari 2023 yang dihadiri Dinas Sosial, Satpol PP, TNI dan Polri. Giat ini dilaksanakan dalam dua cara yakni persuasif dengan memberi imbauan, peringatan dan teguran, serta juga secara koersif dengan menyelamatkan PPKS untuk bisa dibina di dalam panti-panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Demikian disampaikan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Maria Margaretha.

“Selama bulan Februari 2023, Dinas Sosial berhasil mengamankan sebanyak 627 PPKS,” ujarnya.

Penjangkauan bersama dengan Satpol PP dan TNI/Polri, sambungnya, akan terus dilaksanakan untuk kenyamanan beribadah selama bulan suci Ramadan.

Maria menambahkan, jenis PPKS yang diamankan berdasarkan jumlah paling banyak pada periode Februari sampai Maret 2023 yaitu pemulung, pengamen, gelandangan, pengemis dan juru parkir liar.

“Personel P3S juga disiapkan untuk menjaga titik-titik rawan PPKS di samping ada petugas juga yang bekerja dalam unit reaksi cepat untuk merespons apabila ada keluhan atau laporan dari masyarakat terkait dengan adanya PPKS,” tutupnya.

Posted in Berita on 27 Mar, 2023