R. Soeprapto merupakan Jaksa Agung yang dikenal dengan keberaniannya dalam menegakkan hukum. Berbagai karya, jasa, dan prestasi telah diukir selama kiprahnya dalam penegakkan hukum dan memajukan Insan Adhyaksa.

Dalam perjalanan sejarah, Republik Indonesia memiliki banyak tokoh yang hebat dan luar biasa kiprahnya. Salah satunya adalah Jaksa Agung ke-4, R. Soeprapto, yang kini dikenal sebagai Bapak Kejaksaan Republik Indonesia.

R. Soeprapto merupakan Jaksa Agung yang dikenal dengan keberaniannya dalam menegakkan hukum. Berbagai karya, jasa, dan prestasi telah diukir selama kiprahnya dalam penegakkan hukum dan memajukan Insan Adhyaksa.

Peran R.Soeprapto juga terkenang bagi masyarakat Kota Pekalongan, dikarenakan keberaniannya dalam mengusir penjajah.

Oleh karenanya, sebelum penobatan gelar pahlawan nasional, Tim Verifikator yang terdiri Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), termasuk berbagai unsur di dalamnya, yakni Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Arsip Nasional, Perpustakaan Nasional, dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melakukan kunjungan ke Kota Pekalongan, Sabtu (21/8).

Peninjauan kali ini merupakan tindak lanjut verifikasi lapangan guna melihat langsung dokumen, arsip, dan memorabilia mantan Jaksa Agung, R. Soeprapto, terkait dengan pengusulan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, setelah sebelumnya dilakukan verifikasi terlebih dahulu di Jakarta.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Priyanto, menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh pengusulan gelar Pahlawan Nasional bagi Jaksa Agung R. Soeprapto.

"Pada hari ini tim verifikasi hadir secara langsung untuk mengecek di lapangan dan menindaklanjuti langkah pengusulan Jaksa Agung R. Soeprapto sebagai calon yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Menurut kami, ini hal terpenting karena beliau memberikan fundamental-fundamental yang kuat untuk Adhyaksa baru dalam penegakkan hukum yang lebih tegas, berdedikasi, jujur dan sesuai dengan Tri Krama Adhyaksa (Satya, Adhi dan Wicaksana). Intinya kami sangat mendukung Jaksa Agung R. Soeprapto menjadi Pahlawan Nasional," terang Priyanto.

Posted in Berita on 21 Aug, 2021