Sepanjang tahun 2022, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah menyalurkan 3.059 alat bantu fisik (ABF). Adapun bantuan ABF yang bersumber dari APBD Pemprov DKI Jakarta sebanyak 2.829 unit, berupa 90 kursi roda anak, 2.260 kursi roda dewasa, 340 pasang alat bantu dengar, 4 tongkat netra, 78 tongkat kaki tiga, serta 57 tongkat walker.

Sedangkan 230 ABF lainnya merupakan hasil kolaborasi dengan komunitas, badan usaha dan lembaga, yakni 70 kursi roda, 25 alat bantu dengar, 110 tongkat netra, dan 25 kaki palsu. Penyaluran ABF tersebut dilakukan oleh Bidang Rehabilitasi Sosial dan Suku Dinas Sosial lima wilayah.

"Kolaborasi saat ini perlu dilakukan, mengingat ada beberapa alat bantu yang belum bisa kami penuhi dari APBD. Oleh karenanya, kami menggandeng komunitas dan badan usaha. Kami ucapkan terima kasih atas kolaborasi selama ini dan saya berharap kolaborasi yang sama dapat dilanjutkan di tahun berikutnya," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, Rabu (4/1).

Kadis Premi mengatakan pihaknya terbuka untuk pengajuan Alat Bantu Fisik bagi penyandang disabilitas.

"Untuk persyaratan diantaranya fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi KTP orang tua (jika masih di bawah umur), foto seluruh badan, dan surat keterangan Tidak Mampu (PM 1) dari Kelurahan, kemudian bisa diserahkan ke kantor Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta ataupun kantor Suku Dinas Sosial di lima wilayah kota administrasi," ujarnya.

Adapun komunitas, badan usaha maupun lembaga yang telah berkolaborasi dengan Dinsos DKI Jakarta terkait pemenuhan ABF bagi penyandang disabilitas yakni Baznas/Bazis DKI Jakarta, Yayasan Kursi Roda dan Pusat Persahabatan Asia (Indonesia) (WAFCAI), Yayasan Putra Putri Indonesia Bahagia Cempaka Putih (Saraswati Learning Center), Korea International Cooperation Agency (Koica) Indonesia bersama Koica Scholarship Alumni (Kosa), dan PT Pelindo II.

"Harapan dari kegiatan penyediaan alat bantu fisik ini adalah meningkatkan aksesibilitas penyandang disabilitas, membantu kemandirian penyandang disabilitas sehingga meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup penyandang disabilitas beserta keluarganya," tutupnya.

Posted in Berita on 05 Jan, 2023