Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar pertemuan bersama perwakilan Universitas Borobudur dengan sejumlah Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Rabu (20/7).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sudin Sosial Jakarta Selatan, Bernard Tambunan. "Pertemuan tersebut dalam rangka silahturahmi sekaligus pelaksanaan program pemberdayaan UEP/KUBE melalui pelatihan kewirausahaan. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial UEP/KUBE," ujarnya.

Diana, salah satu Dosen Fakultas Pertanian Universitas Borobudur menjelaskan, pelatihan yang diadakan sebagai salah satu pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

"Fakultas Pertanian Universitas Borobudur berupaya menjembatani kebutuhan pelaku usaha dengan melakukan pelatihan sehingga pelaku usaha dapat menghasilkan produk berkualitas dan berdaya saing. Harapan kami para pelaku usaha binaan dapat mandiri, aktif, dan memiliki daya saing," terangnya.

Kasatpel Sosial Kecamatan Mampang Prapatan, Dini Anisah Mei, mengatakan nantinya tindak lanjut dari pertemuan ini adalah kolaborasi pelatihan kewirausahaan bagi UEP/KUBE.

"Jadi dalam hal ini para dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Borobudur ingin mengetahui apa saja kebutuhan dari binaan yang diharapkan nantinya dalam program pelatihan ini. Seperti bagaimana mengolah produk yang baik, cara membuat logo produk, bagaimana pengemasannya hingga strategi pemasaran dan penjualan produk melalui digitalisasi," ujar Dini.

"Rencananya dalam waktu dekat, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Mampang. Mudah-mudahan kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh UEP KUBE binaan Jakpreneur Dinsos DKI yang berada di Mampang saja, tetapi juga dapat diikuti UEP KUBE binaan yang berada di seluruh kecamatan wilayah Jakarta Selatan," imbuhnya.

Posted in Berita on 20 Jul, 2022