Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun ke-56 di Graha BKKKS, Jl. Salemba Tengah No.51, Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/5).

Ketua Umum BKKKS DKI Jakarta, Budiharjo, menjelaskan selama ini pihaknya hanya berfokus pada penguatan kelembagaan. Tahun ini, pihaknya akan berfokus pada teknologi informasi serta penguatan keterampilan dan kualitas berpikir, baik bagi anggota BKKKS maupun pada kegiatan yang menyasar insan sosial di Provinsi DKI Jakarta.

"Selama ini kami fokus di penguatan kelembagaan. Tapi ketika penguatan kelembagaan tidak didukung oleh penguatan keterampilan dan kualitas berpikir, itu masalah.Karena selama ini, peningkatan keterampilan dan kualitas pemikiran membuat sebuah lembaga kuat, maju, berkembang dan dinamis. Tentunya ini akan menjadi fokus BKKKS," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Susy Dwi Harini, mengatakan BKKKS sudah semakin matang dan mumpuni dalam melaksanakan tugasnya. Kendati demikian, ia menilai perlu adanya regenerasi. Ia juga memberi saran agar BKKKS dapat merangkul seluruh insan sosial lainnya di Provinsi DKI Jakarta.

"Kami berharap, Graha BKKKS ini bisa menjadi tempat berkumpulnya insan sosial. Ada Karang Taruna, ada IPSPI (Independensi Pekerja Sosial Profesional Indonesia). Apalagi IPSPI ini menjadi wadah pekerja sosial profesional. Nah, tempat inilah yang menjadi wadah insan sosial agar bisa saling berinteraksi dari apapun nama organisasinya, ya di sinilah tempatnya," tuturnya.

Rangkaian kegiatan HUT ke-56 BKKKS sudah dilakukan sejak April lalu, dengan kegiatan Ramadhan Berbagi, yang terdiri dari acara Buka Puasa bersama yatim piatu dan lansia prasejahtera, serta gelaran Bazar Sembako, yang merupakan hasil kerja sama dengan panti sosial dan sejumlah Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS).


Posted in Berita on 19 May, 2022