Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, dalam hal ini diwakili Kepala Pusat Data Informasi dan Jaminan Sosial (Pusdatin Jamsos) Rani Nurani beserta jajaran, menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, yang diwakili Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Tegoch Hadi Noegroho, pada Jumat (2/9).

Kunjungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah ini dalam rangka pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tegoch terkesan dengan pengelolaan DTKS di DKI Jakarta dilaksanakan melalui UPT Pusdatin Jamsos, sementara di Provinsi Jawa Tengah pengelolaan data masih dilaksanakan melalui bidang PFM. Selain itu, dibahas juga terkait pemberdayaan sosial dan ekonomi melalui program Jakpreneur yang dilakukan bagi keluarga miskin dalam mengurangi angka kemiskinan di Provinsi DKI Jakarta.

Sebagai informasi, DTKS merupakan salah satu acuan pemberian bantuan sosial baik yang bersumber dari APBN maupun dari APBD. Dinas Sosial DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait optimalisasi pelaksanaan pendaftaran DTKS dan verifikasi validasi data bantuan sosial.

Adapun program bantuan dari APBD DKI Jakarta seperti, Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), dan Bantuan Pendidikan Masuk Sekolah (BPMS).

Sementara, bantuan yang bersumber dari APBN Kementerian Sosial RI seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Pangan (BSP/Sembako), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI) dan program bantuan lainnya.

Posted in Berita on 02 Sep, 2022