Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Center (JIC) akan menyelenggarakan Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional yang berlangsung dari tanggal15 hingga 22 April 2022.

Pameran ini akan diikuti perwakilan seniman kaligrafi dari 26 negara dengan mengusung tema "The Power Of Quran”.

Dari ke-26 negara yang terlibat antara lain Indonesia, India, Malaysia, Iran, Tunisia, Bangladesh, Mesir, Iraq, Algeria, Libanon, Pakistan, Marocco, China, Saudi Arabia, UAE, Inggris, Amerika, Syiria, Bahrain, Uzbekistan, Libya, Yaman, Kuwait, Afganistan, Thailand, dan Sri Lanka.

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta KH. Subki, LC, menjelaskan pameran ini akan digelar secara hybrid (daring dan luring). Pameran secara luring digelar di koridor tengah Jakarta Islamic Centre dengan menghadirkan 100 lebih karya dari seniman kaligrafi dari Indonesia dan dunia.

Sementara itu, masyarakat juga dapat menikmati pameran secara daring, dengan mengakses website www.pamerankaligrafi.com.

"Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional disajikan dengan menggunakan 3D interaktif. Ini memudahkan pengunjung dimanapun berada, seolah sedang berada di ruang pameran. Pengunjung bisa berpindah dari satu titik ke titik lainnya," ujarnya

Ketua panitia penyelenggara sekaligus Direktur Islamic Exhibition, M. Arif Syukur, mengatakan pengunjung bisa memanjakan mata menyaksikan karya-karya yang syarat makna.

"Semua bentuk adalah makna. Garis, titik, corak warna membentuk kalimat-kalimat agung, bersumber dari Al Quran dan hadits. Ide dan gagasan menjadi latar sebuah karya terwujud, tentu saja dapat dimaknai sebagai dialog visual dan spiritual antara makhluk semesta dengan Tuhannya. The Power Of Quran menjadi nafas dalam karya-karya yang dihadirkan. Sayang untuk dilewatkan gelaran yang cukup besar ini," imbuhnya.

Posted in Berita on 11 Apr, 2022