Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Universitas Trisakti, Kedaireka, dan TCare, menggelar kegiatan Boot Camp "Capacity Building Green Techno Sociopreneur" di sejumlah panti yang berada di bawah naungan Dinsos DKI Jakarta, yakni PSAA Putra Utama 2, PSAA Putra Utama 3, dan PSBR Taruna Jaya 2.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan persemian reka cipta mini plant atau rumah maggot oleh DR. Khomsiyah selaku Ketua Tim Kedaireka dan serah terima rumah maggot kepada Kepala PSBR Taruna Jaya 2, Edy Suryaman, didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Susy Dwi Harini; Kepala PSAA Putra Utama 2, Nuri Sawitri; dan Kepala PSAA Putra Utama 3, Vivi Khalifatul Jannah. Acara dilanjutkan dengan peninjauan serta pengenalan awal tentang rumah maggot.

Kegiatan ini mengenalkan kewirausahaan green business dan design thinking kepada anak asuh. Selain itu, anak asuh juga dikenalkan penggunaan mesin pencacah sampah organik dan pengembangan insektarium untuk produksi maggot, yang dianggap sebagai sumber protein dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa enterpreneurship dari anak asuh. Selain itu, anak binaan juga dapat mengaplikasikan ilmu pemanfaatan sampah dapur dan daun-daun kering di lingkungan panti dan pada akhirnya produksi maggot ini menjadi cikal bakal green business yang dapat dikembangkan ke depannya.

Selain memberikan Capacity Building bagi anak asuh, Prodi Teknik Industri Trisakti juga akan memberikan pelatihan bagi pegawai (petugas panti) untuk menjadi trainer bagi anak asuh selanjutnya.

Posted in Berita on 07 Oct, 2022