Kunjungi Agro Edu Wisata Ragunan, Pj Gubernur Heru Ajak Anak Panti Panen Raya Bersama

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, bersama anak-anak panti sosial yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, yakni PSAA Putra Utama 1, PSAA Putra Utama 2, PSAA Putra Utama 3, dan PSBNRW Cahaya Batin mengunjungi Agro Edu Wisata Ragunan, Jumat (13/1).

Turut mendampingi Heru, PJ Sekretaris Daerah, Uus Kuswanto; Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin; Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Suharini Eliawati; serta Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik, Raides Aryanto.

Dalam kesempatan tersebut, Heru bersama anak-anak berkeliling melihat berbagai budidaya tanaman dan ikan patin. Heru juga menyempatkan diri menanam terong bersama anak-anak panti asuhan. Selain itu, secara simbolis Heru juga menyerahkan hasil panen kepada anak-anak panti asuhan. Hasil panen itu berupa jagung, tomat, telur, susu, dan ikan patin. Acara dilanjutkan dengan penanaman bibit cabai di lahan pertanian tersebut.

"Melihat ada tanaman cukup banyak tadi yang terakhir melon yang sistemnya sudah smart green dan bersama anak-anak dari panti asuhan dibawa oleh Bu Premi dari Dinas Sosial DKI Jakarta," ujar Heru.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan memperkenalkan serta mengedukasi bagaimana cara bercocok tanam. Kemudian memperkenalkan aneka jenis buah dan sayuran, serta cara beternak kepada anak-anak panti sosial.

"Harapannya agar acara seperti ini menjadi agenda rutin bagi anak-anak di lingkungan panti sosial dan semua anak-anak panti paham dan mengetahui tentang lingkungan di luar panti sosial dan sekolah," tuturnya.

Sekilas tentang Agro Edu Wisata Ragunan, tempat ini memiliki area seluas 2,5 hektare yang ditanami berbagai jenis varietas buah dan sayur, seperti melon, jagung manis, selada, sawi, hingga stroberi yang biasanya hidup di suhu udara dingin. Salah satu metode modern yang diterapkan dalam taman Agrowisata ini adalah container farming. Truk kontainer ini disulap menjadi kulkas raksasa untuk budidaya tanaman hidroponik. Budidaya ini diklaim bisa membuat tanaman bebas penyakit dan hama karena udara dan cahayanya telah diatur sedemikian rupa.

Posted in Berita on 13 Jan, 2023