Pengurus Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari memastikan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi terkendali, terpenuhi segala kebutuhannya.

"Di sini kami memiliki daya tampung 200 orang. Fasilitas yang didapatkan yakni ruangan AC, kamar mandi, TV dan juga makanan siap saji selama tiga kali dalam sehari, yang diberikan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta," ujar Kepala UPT Sekretariat Masjid Raya KH.Hasyim Asy'ari, Dikki Syarfin, saat dikonfirmasi pada Jumat (11/2).

"Di sini juga siaga tenaga kesehatan yakni perawat dan dokter, dari Sudin Kesehatan Jakarta Barat, termasuk juga ada dari Satpol PP, Damkar, dan LH. Mereka memonitor setiap hari," sambungnya.

Hingga hari ini, terdapat 13 pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi terkendali.

Dikki menjelaskan, masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas masjid untuk menjalani isolasi Covid-19 harus melalui satu pintu, yakni dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat.

Pasien Covid-19 harus menjalani tes PCR di puskesmas. Kemudian puskesmas akan melakukan skrining untuk menetapkan sebagai orang tanpa gejala atau orang dengan gejala, sebelum dimasukkan ke dalam sistem. Nama pasien akan diproses melalui aplikasi yang hanya dimiliki oleh puskesmas. Selanjutnya, melalui aplikasi tersebut, nama pasien akan dikirim ke Suku Dinas Kesehatan masing-masing wilayah.

"Dari situ, pasien akan mendapatkan rekomendasi untuk dirawat di tempat isolasi terkendali, Masjid Raya Hasyim Asy'ari atau di lokasi lain. Suku Dinas Kesehatan yang akan merekomendasikan pasien ini akan ditempatkan di mana," sambungnya.

Sebagai informasi, Masjid Raya Hasyim Asy'ari dijadikan tempat Isolasi Terkendali oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat. Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19.

Kendati demikian, meski menjadi lokasi isolasi terkendali, dipastikan masjid tersebut masih bisa dipakai warga beribadah.

"Meskipun dijadikan tempat isolasi, tapi tetap dibuka untuk masyarakat umum beribadah, karena lokasi tempat ibadah cukup jauh dari tempat isolasi. Nanti ada tanda zona hijau untuk tempat beribadah dan zona merah untuk tempat warga yang sedang melakukan isolasi. Ada juga petugas dari masjid mengarahkan warga yang ingin beribadah," tutupnya.

Posted in Berita on 11 Feb, 2022