Sejumlah warga binaan Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara (PSBNRW) Cahaya Batin terdengar khidmat melantunkan ayat suci Al Quran. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas bagi warga binaan terutama di bulan suci Ramadhan.

Selain kegiatan tadarus Al Quran, warga binaan juga diberikan sejumlah materi keagamaan berupa tata cara wudhu yang baik dan benar, gerakan shalat, hingga dilatih hafalan surat-surat pendek.

"Untuk hafalan surat-surat pendek, warga binaan disabilitas netra mengandalkan pendengaran, suara dari pendidiknya, hingga Al Quran huruf brailee. Kalau untuk disabilitas rungu dan wicara, kami upayakan menggunakan bahasa isyarat," ujar Kepala PSBNRW Cahaya Batin, Ucu Rahayu.

Warga binaan ini, dibimbing langsung oleh musyrif dan musyrifah yang difasilitasi oleh Baznas DKI Jakarta. Untuk diketahui, Dinas Sosial DKI Jakarta berkolaborasi dengan Baznas DKI Jakarta menggelar program Cahaya Ramadhan. Dalam program tersebut, musyrif dan musyrifah tinggal di panti selama 25 hari di bulan Ramadhan, untuk memberikan pembinaan keagamaan di panti sosial yang berada di bawah naungan Dinas Sosial DKI Jakarta.

"Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat membawa dampak positif kepada warga binaan, sehingga mereka mendapatkan serta mengamalkan ilmu agama yang sudah dipelajari dalam kesehariannya," tandasnya.

Posted in Berita on 12 Apr, 2023