Dinas Sosial DKI Jakarta melalui Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) menggelar Musyawarah Kelurahan (Muskel) yang berlangsung pada tanggal 20 - 22 Februari 2023.

"Dalam muskel ini dilakukan verifikasi kelayakan penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta usulan dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Carik Jakarta" ujar Kepala Pusdatin Kesos, Rani Nurani.

Muskel tersebut diikuti sejumlah peserta yang meliputi anggota DPRD sesuai daerah pemilihan; Aparatur Kelurahan; Petugas Pendataan dan Pendamping Sosial; Pendamping PKH/BPNT; Ketua/Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan; Ketua/Pengurus Rukun Warga (RW); Ketua/Pengurus Rukun Tetangga (RT); Kader Dasa Wisma / PKK / Jumantik / atau kader lainnya.

Usai muskel, akan dilakukan tahapan berikutnya yakni Balikan data serta BA hasil muskel dari kelurahan; pengolahan data; penindaklayakan data penerima bansos PKH/BPNT hasil musyawarah kelurahan pada SIKS-NG; finalisasi dan pengesahan penindaklayakan PKH/BPNT oleh walikota/bupati pada SIKS-NG. Khusus untuk data usulan penerima bansos PKH/BPNT, akan dilakukan verifikasi kelengkapan variabel foto KTP dan foto rumah ; selanjutnya dilakukan pengolahan data; penginputan pada SIKS-NG; kemudian barulah finalisasi dan pengesahan data Usulan Bansos PKH/BPNT oleh walikota/bupati pada SIKS-NG.

Diharapkan, dengan adanya berbagai tahapan ini, penyaluran bantuan sosial di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, valid dan tepat sasaran.

Posted in Berita on 20 Feb, 2023