Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi (Pusdiklatbangprof) Kementerian Sosial RI menggelar Bimbingan dan Pelatihan bagi Calon Pekerja Sosial Angkatan 1, pada 2 - 4 Agustus 2022.

"Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan menyelaraskan disiplin ilmu yang harus diterapkan Peksos sehari2 di lingkungan kerjanya dg metode yg sangat aplikatif. Karena tugas mereka mendampingi warga binaan di panti sosial. Jadi praktek ini penting bagi mereka. Di mana pelayanan di panti sosial mencerminkan Dinsos DKI sebenarnya," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Susy Dwi Harini.

Adapun materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut, dimulai dr teknik melaksanakan asesmen warga binaan, case conference, hingga advokasi permasalahan yang berada di panti.

"Masing-masing Peksos ini mendampingi warga binaan dengan karakteristik berbeda-beda, ada yang lansia, anak, orang terlantar, ODGJ/ODMK, tentu caranya juga berbeda," sambungnya.

Widyaiswara Kementerian Sosial RI, Umi Badri Yusamah, yang merupakan narasumber kegiatan tersebut, mengatakan perlunya digali informasi serta pemetaan permasalahan sosial di Provinsi DKI Jakarta.

"Pendekatan awal sampai pembinaan lanjut, agar mereka dapat memperhatikan dan mempraktekkannya secara langsung. Kami berusaha menyampaikan dengan praktis," sambungnya.

Selain itu dua narasumber lainnya yang hadir dari Pusdiklatbangprof Kemensos RI adalah Ahmad Zein Arifin dan Mujiastuti.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, kinerja Pekerja Sosial dalam melayani warga binaan dapat dilakukan secara optimal.

Posted in Berita on 08 Aug, 2022