Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4 meresmikan ruang belajar bagi warga binaan sosial. Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4, H. Ari Sonjaya secara resmi menyampaikan kepada seluruh jajaran ASN, PJLP, dan warga binaan sosial bahwa ruang belajar bagi anak sudah dapat beroperasi per Februari 2022. Senin (31/1)

Ruang belajar di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4 merupakan sarana belajar bagi warga binaan sosial untuk mendukung hak anak dalam memperoleh pendidikan sesuai dengan kebutuhannya. Warga binaan sosial dibagi ke dalam dua kelas utama yaitu kelas sekolah formal dan kelas sekolah informal.

Kelas sekolah formal diperuntukkan bagi warga binaan sosial yang saat ini telah menempuh Pendidikan di Sekolah Negeri baik SD, SMP, SMA/K maupun PKBM yang sedang menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun warga binaan sosial yang kesulitan dalam memahami pembelajaran di sekolah.

“Tugas kami adalah memberikan pendampingan terhadap warga binaan sosial yang telah bersekolah supaya mereka mampu mengerjakan tugas-tugasnya, didampingi oleh petugas di panti. Kami juga menyediakan waktu khusus bagi warga binaan sosial untuk mengerjakan tugas-tugasnya.” Ujar Gunawan Sukaton, Kepala Satpel Pembinaan Sosial PSAA Putra Utama 4.

Adapun kelas sekolah informal difokuskan kepada warga binaan sosial dari berbagai rentang usia yang belum bisa membaca, menulis, maupun berhitung. Beberapa warga binaan sosial yang menginjak usia pra-sekolah juga diberikan ruang untuk mengikuti kelas ini.

Kegiatan yang diberikan dalam kelas sekolah informal adalah kegiatan belajar membaca, menulis, dan berhitung dengan metode informal yang mendorong kreatifitas anak dalam memahami pembelajaran. Selain metode pembelajaran satu arah dari pendamping kepada anak, Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4 juga menyediakan metode yang mengutamakan kreatifitas, seperti melalui gambar, video, kartu-kartu huruf dan angka, serta metode games.

Posted in Berita on 31 Jan, 2022