Bertemunya NM dengan keluarganya berawal saat kondisinya stabil dan mau memberitahu informasi terkait dirinya kepada Petugas PSBI Bangun Daya 1

Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1 mempertemukan warga binaan berinisial NM kepada keluarganya, Selasa (21/9).

Bertemunya NM dengan keluarganya berawal saat kondisinya stabil dan mau memberitahu informasi terkait dirinya kepada Petugas PSBI Bangun Daya 1.

"Kondisi NM saat itu mungkin sudah stabil. Ia terbuka terkait keberadaan keluarganya yang berada di Pandeglang, Banten. Kemudian Petugas PSBI Bangun Daya 1 berkoordinasi dengan TKSK Pandeglang, Banten untuk mengonfirmasi keberadaaan keluarga NM," ujar Kepala PSBI Bangun Daya 1, Masyudi.

Selanjutnya keluarga NM menghubungi petugas pelayanan sosial PSBI Bangun Daya 1 untuk menanyakan keberadaan NM dan akhirnya bertemu. Suasana pertemuan antara NM dengan keluarganya, dipenuhi rasa haru.

"Kakak NM merasa senang dapat bertemu kembali dengan NM. Kakaknya mengatakan bahwa NM sering pergi-pergi dari rumah. Namun hanya di sekitaran wilayah Pandeglang saja dan baru kali ini NM pergi selama dua bulan," terangnya.

Diketahui, NM merupakan salah satu PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial)
hasil penjangkauan P3S Sudin Sosial Jakarta Selatan di Kelurahan Melawai dengan klasifikasi Orang Terlantar.

NM diterima di PSBI Bangun Daya I pada 22 Juli 2021. Beberapa kali Pekerja Sosial PSBI Bangun Daya 1 melakukan assesmen kepada NM, namun kondisi NM masih tidak kooperatif. Ia tidak dapat berkomunikasi dengan baik dan tidak mau menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh Pekerja Sosial.

NM kemudian ditempatkan di asrama isolasi yang difungsikan sebagai ruang karantina binaan terkait COVID-19. Selama di panti, NM diberikan haknya sebagai warga binaan sosial berupa sandang, pangan dan papan. Setelah masa isolasi 14 hari, NM dipindahkan ke asrama perempuan.

Selama menjalani pembinaan di PSBI Bangun Daya I, warga binaan NM telah mengikuti beberapa kegiatan bimbingan keagamaan dan bimbingan sosial untuk mengembalikan keberfungsian sosialnya.

Posted in Berita on 21 Sep, 2021