Kepala PSBI Bangun Daya 2, Utari, mengatakan kembalinya YN kepada keluarganya ini merupakan hasil koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Balikpapan.

Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 berhasil mengembalikan warga binaan berinisial NY, kepada keluarganya di Kota Balikpapan, Selasa (6/10).

Kepala PSBI Bangun Daya 2, Utari, mengatakan kembalinya YN kepada keluarganya ini merupakan hasil koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Balikpapan.

Berdasarkan hasil asesmen, YN datang ke Jakarta mendapatkan pekerjaan. Berkas dan dokumen, YN bawa untuk melamar kerja di Jakarta. Berbekal dokumen yang dibawa oleh YN, petugas bekerja sama dengan TKSK setempat, melakukan tracing alamat sesuai KTP dan menemukan keluarga YN dan segera memberitahukan keberadaan YN di PSBI Bangun Daya 2.

"PSBI Bangun Daya 2 berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Balikpapan terkait pemulangan YN untuk dapat mendampingi pihak keluarga menjemput YN di Bandara Sepinggan Balikpapan," ujar Utari

YN merupakan warga binaan yang berasal dari rujukan Polsek Kecamatan Makassar pada tanggal 30 Desember 2020 dengan kategori orang terlantar. YN datang dengan kondisi tidak dapat diajak berkomunikasi dan tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan dari petugas.

Selama di panti, ia diberikan layanan sosial dengan pemenuhan kebutuhan dasar, seperti pangan, sandang dan tempat tinggal. Tak lupa, layanan kesehatan jasmani maupun rohani juga diberikan oleh pihak panti sebagai treatment untuk dapat memulihkan kondisi YN.

"Kami mencatat, YN sudah dua kali mendapatkan pelayanan kesehatan dengan rawat inap dan rawat jalan ke RSKD Duren Sawit. Kondisi YN berangsur-angsur membaik hingga dapat mandiri dan berfungsi sosial kembali, sehingga pihak panti dapat memulangkan YN ke daerah asalnya, Balikpapan Kalimantan Timur," tutupnya.

Posted in Berita on 06 Oct, 2021