Kepala PSBR Taruna Jaya 1, Budi Hastuti, mengatakan selama ini perilaku anak-anak binaan di panti terbilang cukup baik. Meski pun beberapa masih belum disiplin dan memiliki mental yang rapuh.

Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Taruna Jaya 1 Tebet bersama Polres Tebet menggelar Pelatihan Kadarkum bagi warga binaan. Adapun materi yang disampaikan dalam kadarkum ini adalah terkait kenakalan remaja dan bahaya narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba).

Kepala PSBR Taruna Jaya 1, Budi Hastuti, mengatakan selama ini perilaku anak-anak binaan di panti terbilang cukup baik. Meski pun beberapa masih belum disiplin dan memiliki mental yang rapuh.

"Sejauh ini masih bisa tertangani semua. Meski ada yang nakal, namun masih dalam kategori wajar dan tidak ke tahap kenakalan yang berhadapan dengan hukum. Bahkan narkoba," ujar Budi, saat dikonfirmasi Selasa (5/10).

Kasatpel Pembinaan PSBR Taruna Jaya 1, Dini Anisah Mei, menjelaskan selama ini pembinaan kepada warga binaan rutin dilakukan. Warga binaan PSBR Taruna Jaya 1 diberikan bimbingan fisik, mental, sosial serta keagaaman. Tak lupa, pembelajaran mengenai etika serta nilai norma-norma dan kepatuhan kepada anak-anak binaan juga diberikan.

"Setiap hari kami sisipkan kegiatan pembinaan terkait kegiatan kadarkum, yang salah satunya adalah narkoba dan kenakalan remaja. Jika ada waktu mereka yang kosong kami isi kegiatan yang bermanfaat. Kami juga berikan pembinaan kepada mereka dengan memanggil mereka dan melakukan tanya jawab secara pribadi, kemudian kami tetap memberikan sanksi atau hukuman bagi anak-anak yang melakukan kesalahan," paparnya.

Kanit Bhimas Polsek Tebet, Iptu Joko Saptono, mengatakan selama ini upaya yang telah dilakukan untuk mencegah penggunaan narkoba adalah melakukan pembinaan dan penyuluhan ke sekolah-sekolah dan kampus/universitas terkait dampak dan sanksi atas penyalahgunaan narkoba, secara langsung maupun melalui media sosial. Hal itu juga diungkapkan Panit Binmas Polsek Tebet, Tiora. Ia mengatakan, pihaknya membina masyarakat untuk memberikan laporan sedini mungkin kepada Petugas Kepolisian terdekat jika ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan tempat tinggalnya.

Posted in Berita on 05 Oct, 2021