Kebutuhan pelaporan maupun inventaris barang, dewasa ini sudah semakin mumpuni dengan adanya digitalisasi. Hal ini juga yang menjadi ide seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dita Aulia Ramadhayanti dalam melakukan Aktualisasi CPNS.

Ia membuat sebuah gagasan berupa PESAN LOBAK (Pendigitalisasian Sistem Pencatatan Pengelolaan Barang Kantor) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Jadi ini adalah barcode, dimana saat kita scan barcode tersebut, akan muncul, list inventaris apa saja yang ada di ruangan tersebut," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga didukung oleh Bank DKI dan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya kerjasama dan kolaborasi dalam tahapan proses Revitalisasi ruang dan barang Sudin Sosial Jakarta Pusat dan kebutuhan media Publikasi.

"Yang pertama itu mushala, ini didukung oleh Baznas Bazis DKI Jakarta. Jadi mushala yang sebelumnya kurang nyaman dan kurang nya fasilitas untuk beribadah di rubah menjadi lebih nyaman dan berikan beberapa fasilitas seperti karpet sajadah baru. Kalau dari Bank DKI, membantu bentuk media publikasi dengan TV 42 inch serta banner dan leaflet sebagai media informasi. Saya pribadi berterimakasih atas kolaborasi ini," tuturnya.

Gagasan kreatif tersebut mendapat apreasiasi dari Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administasi Jakarta Pusat, Abdul Salam.

"Ini bagus ya.  Aktualisasi 'Pesan Lobak', mudah-mudahanan apa yang didapat di latsar, bisa diimplementasikan di dalam pekerjaan sehari-hari yaitu menata bagaimana sebuah dokumen bisa dikaitkan dengan proses digitalisasi," ujarnya.

Posted in Berita on 04 Apr, 2022