Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) atau yang lebih dikenal Jakarta Islamic Center (JIC) berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta - Jurusan Teknik Kimia menggelar Program Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Masjid Pembuatan Hand Sanitizer dan Sabun Cuci Piring, di Jakarta Islamic Centre, Sabtu (23/4).

Acara tersebut dibuka dengan penandatangan MoU antara Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan PPPIJ terkait program Kewirausahaan Berbasis Masjid. Acara ini diikuti oleh jamaah Masjid JIC serta para pengurus masjid di kawasan Jakarta Utara.  

"Program ini merupakan perwujudan catur dharma dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah, khususnya dharma pengabdian dan kemuhammadiyahan," ujar Ketua Jurusan Teknik Kimia, Ika Kurniaty.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (pengmas), lanjut Ika, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dan alhamdullilah setiap tahun kami laksanakan berbeda dari kegiatan pengabdian masyarakat sebelumnya.

"Kali ini, peserta atau mitra masyarakat diberi kesempatan untuk membuat sabun cuci piring dan hand sanitizer. Tujuannya adalah selain kami ingin berbagi ilmu ke masyarakat. Kami juga ingin mendapatkan pokok nilai pengabdian yaitu dengan memperkenalkan masyarakat tentang apa itu teknik kimia, serta bagaimana lingkungan teknik kimia yang ada di Fakultas Teknik UMJ yang alhamdullilah para peserta bisa melihatnya di www.tekim.umj.ac.id," ujarnya.

Kepala Divisi Sosial Budaya dan Ekonomi Syariah PPPIJ, Edi Sukardi, mengatakan pelatihan pembuatan hand sanitizer dan sabun cuci piring ini sangat bermanfaat sekali.

“Dalam kondisi apapun di setiap pintu rumah sakit harus sedia hand sanitizer. Apalagi ini juga ada pembutan sabun cuci pirang, insya Allah sangat bermafaat sekali,” terangnya.

Kegiatan ini merupakan tahun ke empat, hasil tindak lanjut dari nota kesepahaman antara JIC dan FT-UMJ. Pada tahun pertama telah dilaksanakan penyuluhan dan pelatihan pengolahan produk pangan dari ampas tahu, adapun tahun kedua pembuatan sabun cair dan cuci piring dan pertemuan ketiga pengolahan lidah buaya.

Posted in Berita on 23 Apr, 2022