Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri proses penyaluran program sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada 100 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dilakukan di Gedung Pos Bloc, Jakarta Pusat, Senin (25/4).

"Tolong disampaikan kepada para penerima bahwa bansos sembako dan BLT Minyak Goreng ini betul-betul digunakan sesuai yang telah diarahkan oleh Menteri Sosial baik itu untuk membeli minyak goreng maupun sembako. Tapi jangan dipakai untuk beli pulsa," ujar Presiden Jokowi.

Acara penyerahan Sembako dan BLT tersebut juga dilakukan secara daring melalui zoom meeting di enam lokasi, yakni Aceh, Medan, Banten, Pontianak, Depok dan Cikini-Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyerahkan bantuan sosial simbolis sembako dan BLT minyak goreng secara langsung.

Untuk diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI menunjuk PT.Pos Indonesia dalam penyaluran BLT Minyak Goreng sebesar Rp300.000,-. Jumlah tersebut merupakan akumulasi tiga bulan (April-Juni 2022) dengan jumlah bantuan Rp100.000,- tiap bulannya. Sementara untuk penyaluran program sembako senilai Rp200.000,- untuk bulan Mei 2022.

Penyaluran BLT Minyak Goreng tersebut ditargetkan dapat diterima oleh 18,3 juta KPM seluruh Indonesia sebelum Lebaran tahun 2022. Hasil penyaluran yang telah dicapai oleh PT Pos Indonesia, dalam waktu 10 hari, sudah terealisasi hingga 95,7 persen. Sementara untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta, realisasi penyaluran sudah mencapai 99,30 persen per tanggal 25 April 2021.

Turut hadir Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini; Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi; Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria; Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Alam, Mira Riyati Kurniasih; Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari; Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran; Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto; serta jajaran pejabat Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan PT Pos Indonesia.

Posted in Berita on 25 Apr, 2022