Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Balita Tunas Bangsa menggelar pelaksanaan foster care dengan Calon Orang Tua Angkat (COTA), Jumat (12/5).

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, yang diwakili oleh Sub Kelompok Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia, Dini Andriyani.

Kepala PSAA Balita Tunas Bangsa, Flora Magdalena, menjelaskan foster care merupakan asuhan sementara yang diberikan kepada COTA. Di mana bila COTA sudah memasuki tahap foster care, berarti sudah memenuhi persyaratan untuk kelanjutan proses mengangkat anak asuh panti.

"Anak-anak kami diserahkan sementara kepada calon orang tua angkat. Saat ini kami ada tiga anak yang diberikan kepada tiga COTA. Ini mereka merupakan orang tua pilihan. Semoga membawa berkah bagi anak-anak yang pengasuhannya akan diserahkan ke COTA" ujar Flora Magdalena.

Kasatpel Pembinaan PSAA Balita Tunas Bangsa, Dainel Rusdi, mengatakan dalam tahapan foster care ini, COTA dan keluarga diberi kesempatan untuk mengasuh sementara anak yang akan diangkat dalam kurun waktu sekurang-kurangnya enam bulan. Selama enam bulan tersebut, pihak panti akan terus memantau terhadap kesungguhan, kedekatan, kasih sayang dan tumbuh kembang anak.

Setelah selesai masa foster care, sambungnya, selanjutnya dilakukan kembali kunjungan ke rumah oleh Pekerja Sosial yang berada di PSAA Balita Tunas Bangsa dan dibuatkan kembali laporan perkembangannya.

"Setelah itu barulah dilaksanakan sidang Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA) di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Dimana rekomendasi sidang PIPA inilah yang akan menjadi dasar untuk dilanjutnya ke sidang penetapan adopsi di pengadilan," ujarnya.

Dengan adanya tahapan foster care ini, diharapkan COTA akan lebih dekat dengan anak yang diasuhnya. Selain itu, juga mendorong komitmen COTA beserta keluarga dalam mengasuh anak dengan baik dan penuh kasih sayang selayaknya anak kandung.

"COTA punya tanggung jawab bukan hanya sekadar membesarkan. Tapi juga bertanggungjawab atas kebutuhan spiritual, psikologis dan sosial dari anak tersebut. Sehingga anak pun akan menyadari bahwa mereka adalah anak-anak yang beruntung dan bersyukur karena memiliki COTA yang baik," tutupnya.

Posted in Berita on 12 May, 2023