Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya yang menaungi PMKS kategori tuna wisma dan tuna karya, telah menyalurkan 112 warga binaan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan pada tahun 2022. Angka ini melampaui dari jumlah yang ditargetkan yakni 96 warga binaan. Mereka disalurkan bekerja ke berbagai tempat usaha seperti steam motor, peternakan ayam, gerai fried chicken dan lainnya.

Plt. Kepala PSBK Harapan Jaya, Sutawijaya, menuturkan mayoritas dari warga binaan termotivasi agar segera mandiri dan berdaya.

"Kebanyakan dari mereka termotivasi untuk segera mandiri, agar bisa berdaya dan memiliki penghasilan sendiri. Itu akhirnya berimbas kepada kebiasaan mereka saat mengikuti pelatihan keterampilan. Mereka jadi lebih rajin dan terampil," tutur Suta, saat dikonfirmasi Selasa (24/1).

"Sebagai upaya mendorong warga binaan mendapat pekerjaan, pihak panti menghubungi berbagai tempat usaha bahkan bekerjasama dengan beberapa badan usaha, Dinas Ketenagakerjaan setempat dan di Jakarta. Para pegawai juga aktif mencari peluang usaha untuk para binaan," sambungnya.

Diharapkan dengan adanya penyaluran warga binaan bekerja, dapat menjadi motivasi bagi warga binaan lain untuk mengembangkan diri. Sehingga mereka dapat mandiri dan tidak kembali menggelandang di jalanan lagi.

Posted in Berita on 24 Jan, 2023