Pameran Seni Kaligrafi Kontemporer Internasional dengan tema “The Power Of Quran” , secara resmi dibuka pada Jumat (15/4).

Pembukaan pameran dilakukan secara hybrid, baik luring maupun daring, di koridor utama Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara.

Turut memberi sambutan secara daring, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno; dan Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Turut hadir secara luring Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Uus Kuswanto; Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim; Kepala Biro Pendidikan dan Mental Setda Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mardiyanto; Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ), KH. Subki. Lc; Anggota DPD DKI Jakarta, Fahira Idris; Kepala Sekretariat PPPIJ, Ahmad Juhandi.

Sebanyak 102 seniman dari 26 negara yang turut berpartisipasi, 71 diantaranya berasal dari Indonesia dan 31 lainnya merupakan seniman dari 25 negara. Ke-25 negara itu adalah India, Malaysia, Iran, Tunisia, Bangladesh, Mesir, Iraq, Algeria, Libanon, Pakistan, Marocco, China, Saudi Arabia, UAE, Inggris, Amerika, Syiria, Bahrain, Uzbekistan, Libya, Yaman, Kuwait, Afganistan, Thailand, dan Sri Lanka.

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta, KH. Subki. Lc, menjelaskan karya-karya dalam pameran ini menyajikan tafsir visual yang beragam dalam pilihan ayat Al Quran, pendekatan visual, serta hasil akhir sebagai karya seni.

"Pameran ini mengajak kita untuk lebih memperhatikan eskpresi estetik Islam yang indah, damai, dan universal (rahmatan lil'alamin)," ujarnya.

Ia menilai sebagian seniman dalam pameran ini teguh mempertahankan gaya kaligrafi klasik sesuai kaidah. Sebagian seniman lainnya mencoba melampaui gaya klasik dan menguji-coba gaya yang lebih luwes.

"Beberapa karya mencerminkan jejak olahan digital dari revolusi teknologi visual anyar. Beberapa seniman juga membuat kaligrafi dari media tiga dimensi, seperti patung, atau ukiran," sambungnya.

Pameran ini akan dilaksanakan di Jakarta Islamic Centre (JIC) pada tanggal 15 hingga 22 April 2022. Masyarakat dapat mengunjungi pameran secara langsung di JIC atau melihatnya secara virtual melalui situs https://www.pamerankaligrafi.com/ .

Posted in Berita on 15 Apr, 2022