Selama Ramadhan, terhitung tanggal 1 hingga 13 April 2022, Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 telah menerima 234 orang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dari hasil penjangkauan gabungan Satgas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) dengan Satpol PP. Hingga Rabu (13/4), tercatat jumlah keseluruhan warga binaan PSBI Bangun Daya 2, berjumlah 715 orang.

Kepala PSBI Bangun Daya 2, Utari, mengatakan jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan bulan Maret 2022.

"Pada bulan Maret terdapat 159 PPKS. Itu akumulasi hingga akhir Maret. Kalau saat ini, baru dua minggu sudah menerima 234 PPKS. Ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi hingga akhir April atau saat Hari Raya Idul Fitri," ujar Utari.

Adapun PPKS yang diterima merupakan kategori gelandang, pengemis, pengamen jalanan, orang terlantar anak terlantar serta ODGJ/ODMK.

Utari menilai, momentum bulan Ramadhan menjadi salah satu faktor menjamurnya PPKS di ibu kota. Hal ini dikarena banyaknya PPKS memanfaatkan kebaikan masyarakat untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan Ramadhan.

Ia pun berpesan kepada masyarakat agar memberikan infak atau sedekah melalui badan amal zakat terpercaya.

"Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah, bersedekahlah di tempat-tempat yang tepat dan terpercaya. Memberikan uang di jalan sama saja dengan membiarkan mereka tetap berkeliaran di jalanan serta membentuk karakter yang tidak baik," tuturnya.

PSBI Bangun Daya 2 akan memberikan pelayanan sosial kepada PPKS terjangkau. Untuk tahap awal, berupa pembinaan kesadaran hukum, bimbingan sosial, dan bimbingan agama. Kemudian beberapa diantaranya, dirujuk ke panti lain, untuk mendapatkan pelayanan sosial lanjutan ke panti-panti terkait sesuai dengan jenis klasifikasi PPKS dan hasil asesmen petugas.

Posted in Berita on 13 Apr, 2022