Sejumlah lansia binaan Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 4 mengikuti pelatihan keterampilan membuat bunga hias berbahan dasar sabun mandi.

"Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan dalam membuat bunga hias menggunakan sabun yang dipantu oleh instruktur keterampilan. Tujuan kegiatan ini adalah selain melatih motorik lansia juga mengasah kreatifitas lansia sebagai upaya dalam melatih otak untuk mencegah kepikunan atau demensia bagi lansia," ujar Kepala PSTW Budi Mulia 4, Ngapuli.

Ia menambahkan tujuan lain dilakukannya pelatihan adalah untuk mengurangi kejenuhan dan kesepian pada lansia. "Karena kegiatan ini memungkinkan lansia meningkatkan interaksi dan relasi sosial dengan lansia lainnya," sambungnya.

Ia mengatakan lansia binaan sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena merupakan hal baru yang belum mereka lakukan sebelumnya. Ini dapat dilihat dari keseriusan dan ketekunan saat mereka membuat bunga dari sabun dibawah arahan instruktur keterampilan.

Produk bunga hias yang sudah jadi ini dimanfaatkan sebagai pajangan dan hiasan di panti.

"Harapan kami hasil keterampilan membuat bunga dari sabun ini bisa ditampilkan jika nanti ada pameran bersama dan bila ada yang terjual, uang hasil penjualannya dapat diberikan kepada oma opa dan dapat dibelikan bahan-bahan untuk keperluan keterampilan ini," tutupnya.

Posted in Berita on 06 Sep, 2022