Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Barat, Suprapto, menjelaskan pihaknya sedang bersiap diri dalam menghadapi musim penghujan. Hal tersebut disampaikan usai dirinya menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana yang dipimpin oleh Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, di Lapangan Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (15/11).

Dalam kesempatan tersebut, Suprapto mendampingi Wali Kota Jakarta Barat melakukan pengecekan kelengkapan dan kesiapsiagaan seluruh personil, mulai dari Camat, Lurah, Satpel Sosial Kecamatan/Kelurahan, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB), Tagana dan Kampung Siaga Bencana (KSB).

"Dalam hal ini Sudin Sosial Jakarta Barat memastikan kondisi sarana dan prasarana dalam keadaan baik. Sehingga dapat digunakan jika nanti terjadi banjir," tuturnya.

Suparpto menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya potensi banjir, pihaknya telah menyiagakan satu unit kendaraan operasional (mobil dapur umum) untuk menyuplai makanan siap saji, satu unit motor roda tiga, satu unit motor trail, dua unit mobil rescue, tenda pengungsi 12 buah dan tenda family empat buah.

"Kami sudah lakukan koordinasi antara PSKB, Tagana dan KSB dimana antara ke 3 komponen tersebut harus saling bersinergi dalam rangka tanggap bencana, terutama saat pemenuhan kebutuhan makanan siap saji bagi warga terdampak banjir," ujar Suprapto.

"Kepada para petugas, saya meneruskan pesan dari Pak Gubernur tempo hari, agar petugas selalu siaga, tanggap dan galang dalam menghadapi bencana banjir. Jangan lupa kondisi kesehatan juga harus dijaga," tutupnya.

Posted in Berita on 15 Nov, 2021