Sejumlah Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan, mengikuti Pelatihan dan Pembinaan Kewirausahaan, di Aula Kantor Kecamatan Mampang Prapatan, pada Rabu (28/9).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Sudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan, Bernard Tampubolon; Camat Mampang, Ujang Hermawan.

Pelatihan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan Fakultas Pertanian Universitas Borobudur dan menghadirkan sejumlah narasumber dari Universitas Borobudur, PTSP Kecamatan Mampang, dan UMKM Kecamatan Mampang. Pada pelatihan hari 1, pelatihan yang diberikan yaitu berupa motivasi kewirausahaan yang dibawakan oleh Bu Imas Wildan Rafiqah SP., MP dosen Fakultas Pertanian Universitas Borobudur.

"Saya mengucapkan apresiasi kepada Universitas Borobudur yang mensupport binaan UEP/KUBE Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan dalam memberikan sumbangsih terhadap masyarakat khususnya Kecamatan Mampang Prapatan. Diharapkan ke depannya bukan hanya wilayah Mampang saja, tetapi pelatihan diberikan kepada UEP KUBE binaan di seluruh wilayah Jakarta Selatan," ujar Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pengembangan Kesejahteraan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (PKS PFM), Dewi Aryati Ningrum, saat membuka kegiatan tersebut.

"Kepada UEP KUBE yang hadir, ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan terapkan ilmu yang didapat. Misalkan terkait pemasaran, packaging, bagaimana caranya supaya produk kita itu menarik, itu diterapkan, bagaimana memasarkan produk jualan di sosial media, setiap hari dipost saja, pasti ada satu yang nyangkut dan membelinya," sambungnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Borobudur, Dr. Ir. Sugiyanto,MM, menyampaikan sesuai dengan Tri Dharma dalam institusi pendidikan salah satunya adalah melakukan swadaya kepada masyarakat. "Kami bersyukur menjalin kerja sama dengan Dinsos untuk memberi pelatihan kepada UEP KUBE. Kami menyambut kerjasama agar pelaksanaan kerja sama dapat menjadi kegiatan yang efektif dan tepat sasarannya," ujarnya.

Kepala Satpel Sosial Kecamatan Mampang, Dini Anisah Mei, menjelaskan, nantinya akan dilakukan pelatihan kewirausahaan bagi UEP KUBE Kecamatan Mampang, yang diberikan secara langsung oleh Tim Fakultas Pertanian Universitas Borobudur, dalam setahun ke depan.

"Ini merupakan hasil kerja sama yang disepakati. Adapun pelatihannya berupa pembuatan konten dan penyesuaian dengan strategi pemasaran; pelatihan kemasan dan labelling; pelatihan membuat logo; pelatihan pengolahan limbah produk; pengolahan limbah kulit jagung; pengelolaan pasca panen; food and beverage photography; pengenalan MUI, halal dan pembuatan SIUP; hingga financial planner," tuturnya.

Posted in Berita on 28 Sep, 2022