Selama tahun 2023, Jakpreneur Dinas Sosial DKI Jakarta telah membina 1157 UMKM sebagai target tahun 2023.

Jakpreneur binaan aktif Dinas Sosial DKI Jakarta tersebut telah mengikuti berbagai kegiatan pelatihan maupun sosialisasi selama 2023, mulai dari pelatihan tata boga, laporan keuangan, branding and brand building, foto produk, desain kemasan hingga digital marketing.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, menjelaskan dalam mengadakan pelatihan, kami berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yakni Bank DKI, PT Jaya Fermex, PT Egafood, PT ACE Hardware Indonesia Tbk, Dialog Desain Group, PT Pegadaian, BPJS Ketenagakerjaan, dan Pusat Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia.

"Tak hanya sosialisasi dan pelatihan, kami juga berupaya mendorong agar binaan Jakpreneur Dinsos DKI semakin banyak yang masuk ke tahapan perizinan (P4), perluasan pemasaran (P5) dan pelaporan keuangan (P6)," paparnya.

Selain itu, binaan Jakpreneur yang sudah memiliki usaha akan dikurasi untuk peningkatan kualitas produk supaya pemasarannya lebih luas, memiliki legalitas seperti IUMK, sertifikat halal, izin edar, hak merek dan PIRT (sektor kuliner).

Dalam mendorong pemasaran produk Jakpreneur, Dinsos DKI memfasilitasi binaan dengan adanya bazaar yang dilakukan secara periodik. Suku Dinas Sosial di setiap wilayah juga mempromosikan produk Jakpreneur kepada komunitas, asosiasi dan stakeholders untuk diikutsertakan pada setiap acara.

"Kami juga mendorong binaan Jakpreneur Dinsos DKI dalam sistem e-order DKI Jakarta untuk membantu memasarkan produk mereka. Untuk tahun 2023, sudah ada 32 binaan yang produknya masuk pada e-order. Semoga tahun depan terus bertambah dan produk mereka bisa lebih dikenal dan laris di pasaran," imbuhnya.

Posted in Berita on 02 Jan, 2024