Sejumlah warga binaan panti sosial yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta turut meramaikan Pameran Batik di Sea World, Taman Impian Jaya Ancol yang digelar pada 1-9 Oktober 2022.

"Kami berterima kasih kepada Sea World Ancol yang telah mengajak kami mengikuti program peringatan Hari Batik Nasional dan juga memperingati ulang tahun Sea World Ancol," ujar Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, Minggu (2/10).

"Pada hari ini, anak-anak kami yang berasal dari PSBNRW Cahaya Batin, yang memiliki keterbatasan mendengar, melihat dan berbicara, dapat tampil, memperlihatkan bahwa mereka memiliki keterampilan bermusik, bernyanyi, dan keahlian membatik," sambungnya.

Selain PSBNRW Cahaya Batin, dua panti sosial dari rumpun disabilitas, yakni PSBG Belaian Kasih dan PSBD Budi Bhakti, juga turut berkontribusi dalam ajang ini.

"Mereka berkesempatan mengikuti bazar, memamerkan produk hasil karyanya. Kami berharap kerja sama ini nantinya bisa menyediakan showroom galeri buat panti sosial rumpun disabilitas di Sea World Ancol. Agar anak-anak ini bisa terus berkarya dan menjualnya kepada pengunjung. Sehingga mereka bisa memilki penghasilan untuk hidup mereka," ujarnya.

Kepala Bagian Operasional Sea World Ancol, Dhany Hendrawan, menuturkan kegiatan ini dipersembahkan untuk publik, agar dapat mengambil sisi humanis, selain euforia peringatan Hari Batik maupun Hari Ulang Tahun Sea World.

"Terkait kolaborasi dengan Dinsos, kami membuka ruang publik, bagi panti-panti sosial. Mereka memberikan satu edukasi, ternyata dengan keterbatasn fisik, mereka memiliki keterampilan yang tak terbatas," tuturnya.

Sebelumnya, penyelenggaraan peringatan Hari Batik ini juga mendapat dukungan dari sejumlah pemangku kepentingan, salah satunya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno. "Ini menjadi bukti bahwa tradisi dan budaya bisa terus bersaing, sekaligus aksi nyata kontribusi aktif pelaku industri," ujarnya.

Posted in Berita on 03 Oct, 2022