Penyuluh Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bersama BPBD DKI Jakarta memberikan trauma healing kepada anak-anak terdampak kebakaran di Kelurahan Sukabumi Selatan dan Rawa Buaya, Jakarta Barat, Rabu (2/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Layanan Dukungan Psikososial (LDP) pasca terjadinya kebakaran. Adapun kegiatan yang diberikan berupa mengajak anak-anak penyintas kebakaran bermain bersama.

Salah satu Penyuluh Sosial Sudin Sosial Jakarta Barat, Heda menjelaskan, pihaknya telah melakukan asesmen sejak hari pertama terjadi bencana dan didapat data anak-anak terdampak kebakaran cukup banyak.

"Kami dari Tim Penyuluh Sosial Dinsos DKI Jakarta langsung turun ke lokasi penampungan penyintas. Hari ini kegiatan layanan dukungan psikososial kami berikan berupa permainan bernyanyi, dongeng, ludo dan mewarnai," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Maria Rosanna, Penyuluh Sosial Madya Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta sebagai koordinator pada kegiatan LDP Bencana di Jakarta Barat.

Ia menjelaskan pihaknya memberikan pelayanan kepada anak-anak terdampak sebagai hiburan, permainan, dan memberi edukasi.

"Bermacam hiburan, permainan hingga edukasi bagaimana menjalani pola hidup sehat, terutama di masa pandemi saat ini dan dalam kondisi pascakebakaran," ujar Maria.

"Semoga dengan kehadiran kita di sini, baik Pensos maupun dari Tim BPBD DKI Jakarta bisa berdampak positif kepada penyintas kebakaran, khususnya anak-anak. Mereka tidak stres, enjoy, mereka bisa menjadi diri sendiri dan bisa kembali menjalani hari-hari mereka," tutupnya.

Posted in Berita on 02 Nov, 2022