Tujuan skrining kesehatan ini untuk mendeteksi dini penyakit pada binaan. Selain itu sebagai langkah Pemenuhan Universal Health Coverage, salah satunya yaitu pelaksanaan skrining kesehatan TBC dan HIV kepada warga binaan dan petugas panti sosial. Ini juga menjadi target Kegiatan Strategis Daerah (KSD) 12," ujar Kepala PSBK Harapan Jaya, Sjamsul Idris, saat dikonfirmasi.

Sebanyak 243 warga binaan Panti Sosal Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya mengikuti kegiatan skrining kesehatan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendeteksi dini risiko penyakit di lingkungan panti.

"Tujuan skrining kesehatan ini untuk mendeteksi dini penyakit pada binaan. Selain itu sebagai langkah Pemenuhan Universal Health Coverage, salah satunya yaitu pelaksanaan skrining kesehatan TBC dan HIV kepada warga binaan dan petugas panti sosial. Ini juga menjadi target Kegiatan Strategis Daerah (KSD) 12," ujar Kepala PSBK Harapan Jaya, Sjamsul Idris, saat dikonfirmasi Rabu (3/11).

Giat skrining kesehatan ini berkerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Kota Administrasi Jakarta Barat.

Adapun skrining kesehatan yang diberikan berupa skiring Tuberkulosis (TBC), Penyakit Tidak Menular (PTM) dan HIV.

"Kami ucapkan terimakasih banyak kepada PKM Kecamatan Kebon Jeruk yang telah berkenan untuk datang langsung demi memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan kami. Semoga dengan giat ini, dapat sedini mungkin mengetahui risiko penyakit di lingkungan panti, sehingga dapat ditentukan penanganan yang paling efektif jika ada yang terdeteksi," tutupnya.

Posted in Berita on 03 Nov, 2021