Webinar Peringatan Hari Pekerjaan Sosial Sedunia, Kadis Premi Tekankan Pentingnya kompetensi dan sertifikasi Profesi Pekerja Sosial

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, membuka acara peringatan Hari Pekerjaan Sosial tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan secara daring, pada Rabu (16/3).

Acara tersebut menghadirkan narasumber kompeten yakni Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Kesos, Kementerian Sosial RI, Sri Tjahjorini Sugiharto, dengan materi yang dibawakan "Harmonisasi Peran Peksos dengan SDM lain dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial" ; dan Dosen Poltekesos Bandung, Didiet Widowati, dengan tema "Kolaborasi Multi Pihak dalam Pemberdayaan Masyarakat".

Ia mengatakan, saat ini keberadaan Pekerja Sosial di Provinsi DKI Jakarta menjadi satu kebutuhan yang nyata. Kendati demikian, perlu disadari masih adanya ketimpangan antara jumlah ketersediaan sumber daya manusia dengan jumlah permasalahan yang harus diselesaikan. Untuk itu, dibutuhkan landasan hukum untuk mengatur berbagai persoalan tersebut.

"Saat ini kami sedang memproses Rancangan Peraturan Gubernur tentang Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Hingga saat ini, masih pada tahap revisi pasca mendapatkan respon dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi DKI Jakarta. Hal ini menjadi posisi tawar yang penting untuk menegaskan SDM yang akan menjadi subjek utama disamping yang bersifat kelembagaan dan administratif," ujar Kadis Premi.

"Kami berkomitmen untuk mengupayakan penguatan pekerja sosial dalam mendorong profesionalitas pelayanan kesejahteraan sosial di Provinsi DKI Jakarta," sambungnya.

Tak hanya itu, Kadis Premi menilai, pelaksanaan sertifikasi, registrasi dan praktik Pekerjaan Sosial perlu menjadi perhatian bersama guna meningkatkan profesionalitas serta akuntabilitas Pekerja Sosial dalam melaksanakan praktik pekerjaan sosial. Tak lupa, pengawalan dari berbagai pihak terkait perlu dilaksanakan guna memastikan pelaksanaan sertifikasi, registrasi dan izin praktek Pekerja Sosial tersebut dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat," tutupnya.

Posted in Berita on 16 Mar, 2022