Sulaiman, anak binaan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 4 yang telah berpisah selama 15 tahun, akhirnya bertemu kembali dengan keluarganya. Ia dijemput keluarganya yang didampingi oleh Lurah Mejobo, dan Kepala Dusun Mejobo, pada Jumat (23/11).

Sulaiman merupakan anak terlantar yang dirujuk dari PSBI Bangun Daya 1 Kedoya tahun 2015. Diketahui Sulaiman diajak mengamen oleh kakaknya dari bis ke bis di Kudus sejak usia tiga tahun. Namun, saat usia lima tahun, Sulaiman terpisah dengan kakaknya dan tidak sengaja terbawa bis ke Jakarta. Hingga ia tidak tahu arah pulang dan dirujuk ke PSAA Putra Utama 4 tahun 2015. Saat ini ia berusia 20 tahun.

Plt. Kepala PSAA Putra Utama 4, Prayitno, mengatakan pemulangan Sulaiman ini berawal dari asesmen yang dilakukan oleh Pekerja Sosial di panti. Sulaiman memberitahu bahwa rumahnya dekat dengan Masjid Kudus. Kemudian Pekerja Sosial berkoordinasi dengan Dinas Penghubung Jawa Tengah pada 5 November 2022.

"Pada tanggal 11 November 2022, kami mendapat informasi hasil kunjungan rumah (home visit) Dinas Penghubung Jawa Tengah dan jajaran pemerintah setempat bahwa betul Sulaiman merupakan warga Kudus, dan telah hilang sejak usia 5 tahun, " ujarnya.

Selama berada di panti, Sulaiman di penuhi kebutuhan sandang, pangan dan tempat tinggal. Ia juga diberi kegiatan keterampilan dan menyukai hal seni, baik seni musik dan seni rupa (melukis dan menggambar).

Prayitno menilai, Sulaiman memiliki semangat yang tinggi dalam belajar. Ia selalu hadir dalam kegiatan belajar maupun kelas informal yang diadakan setiap hari di dalam panti.

"Ia merupakan sosok yang ceria, rajin dalam beribadah, memiliki jiwa sosial, dan memiliki inisiatif yang tinggi dalam melaksanakan tanggungjawabnya, " ujar Prayitno.

"Kalau di panti, ia menyukai kegiatan morning meeting dan Kamis Sharing dimana momen tersebut dapat ia gunakan untuk bercerita. Selain itu, Sulaiman juga menyenangi kegiatan perpustakaan, dimana ia bisa diberikan kesempatan untuk bercerita kepada teman-temannya. Ia merupakan sosok yang percaya diri, " sambungnya.

Posted in Berita on 23 Nov, 2022