Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial berkolaborasi dengan Penyuluh Sosial Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Pelopor Perdamaian memberikan layanan dukungan psikososial terhadap penyintas kebakaran khususnya anak anak, remaja dan orang tua di kawasan permukiman penduduk Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Sebagaimana diketahui sebelumnya di wilayah setempat terjadi peristiwa kebakaran pada Jumat (7/7).

Kejadian tersebut mengakibatkan 20 rumah ludes terbakar dan 160 jiwa dari 40 Kepala Keluarga mengungsi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kebon Sawo dan tenda darurat.

Ketua Sub Kelompok Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Sosial DKI Jakarta, Debby Elva Dwi Anggraeny mengatakan kegiatan ini merupakan Layanan Dukungan Psikosial (LDP) yang rutin dilaksanakan Dinas Sosial DKI Jakarta bagi korban bencana.

“ Kali ini kami melaksanakan layanan dukungan psikososial di Kampung Kebon Sawo, Menteng Atas dengan diikuti seluruh penyintas kebakaran sekitar 80 warga yang terdiri dari 40 anak anak dan 40 orang tua , “ ujar Debby

Lebih jauh ia menyampaikan adapun bentuk kegiatan yang diberikan berupa permainan edukatif seperti permainan kelompok, menari dan bernyanyi untuk anak anak. Selain itu pihaknya juga memberikan bantuan paket alat tulis sekolah dan makanan ringan dan paket pakaian serta perlengkapan alat sholat bagi remaja dan orang tua.

“ Semoga dengan adanya layanan dukungan psikososial. Dapat menghilangkan rasa kecemasan dan traumatik serta menumbuhkan kembali kepercayaan diri mereka penyintas kebakaran terutama anak anak, “ katanya

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, penyintas kebakaran dapat normal kembali kehidupan sosialnya seperti masyarakat pada umumnya.

Posted in Berita on 21 Jul, 2023