Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menggelar Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi warga pra sejahtera, di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur Rabu (6/9).

Dengan mengusung tema Fasilitasi Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat bagi Keluarga Pra Sejahtera " Aneka Kue Tradisional Jakarta " . Kegiatan tersebut diikuti peserta sebanyak 40 orang dari warga pra sejahtera 10 wilayah Kecamatan, Jakarta Timur, berlangsung 6–7 September 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam mengatakan pihaknya menggelar pelatihan Usaha Ekonomi produktif kali ini ditunjukan bagi warga pra sejahtera yang sudah terdaftar melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) namun belum mendapatkan bantuan Pemerintah.

“ Iya untuk kali ini peserta yang mengikuti seluruhnya 40 orang dari warga kurang mampu tercatat di DTKS 10 Kecamatan, Jakarta Timur, satu Kecamatan perwakilan empat orang, “ ujar Pak Alam yang biasa akrab disapa

Lanjut ia menyampaikan pada kegiatan tersebut para peserta diberikan pelatihan berwirausaha yang memiliki nilai ekonomi seperti pembuatan makanan kue tradisional dan aneka kue lainnya.

Selain itu seluruh peserta juga diberikan bantuan satu paket peralatan pembuatan kue dan bahan kue per orang berupa stand mixer, oven, Loyang persegi, Loyang bunder, dandang susun, cetakan kue lumpur, cetakan kue cubit dan baskom. Gula Pasir, mentega, telur ayam, tepung beras dan tepung terigu.

“ Iya dengan begitu apa yang sudah kami berikan melalui pelatihan dan bantuan peralatan berikut bahan bahanya. Mereka warga pra sejahtera dapat mandiri dan berwirausaha sehingga dapat bertumbuh kembang menjadi keluarga tangguh, “ katanya

Pihaknya berharap dengan adanya program pelatihan usaha ekonomi produktif yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Sosial Jakarta Timur. Warga pra sejahtera dapat mandiri berwirausaha serta memperkuat ekonomi keluarga, sehingga nantinya juga bisa menularkan ilmu kepada warga pra sejahtera lainnya untuk menuju hidup sejahtera.

Posted in Berita on 13 Sep, 2023