Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi bersama DignityKu, Training Center For Disability memperdayakan hasil produk karya penyandang disabillitas warga binaan Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara (PSBNRW) Cahaya Batin, Jagakarsa, pada acara Pelatihan Bahasa Isyarat dan Pengenalan Dunia Tuli untuk pelayanan prima di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

Pengelola PSBNRW Cahaya Bathin, Jagakarsa, Maysuroh menjelaskan pihaknya menerima kerjasama pesanan produk warga binaan dari DigntyKu berawal di kegiatan pelatihan bahasa isyarat pada April hingga Agustus 2023. Lanjut kata dia, ada sekitar dua jenis produk dalam permintaan kerjasama tersebut diantaranya yaitu tas belanja dan tempat kotak makan.

“ Iya awalnya pesan Tote bag, karena bagus hasilnya, mereka pesan produk kami lagi seperti tempat makan kotak, “ ujar Mae biasa akrab disapa

Sebagaimana diketahui setiap hari ada sekitar 25 orang penyandang disabilitas warga binaan Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara (PSBNRW) Cahaya Batin memproduksi pembuatan produk kerajinan tangan di Loka Bina Karya, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Lebih jauh ia mengatakan ada sejumlah produk yang dihasilkan warga binaan di Loka Bina Karya Jagakarasa tersebut diantaranya seperti tas berbahan dasar kain, kain tenun khas daerah, miniatur ondel-ondel dan produk handy craft lainnya.

Terpisah, Partnership DignityKu, Delia Rindiani menambahkan pihaknya sangat bangga bisa berkolaborasi bersama Dinsos DKI dalam hal kerjasama penyediaan peserta pelatihan keterampilan serta pemberdayaan hasil produksi karya penyandang disabilitas.

“ Karena memang DignityKu terutama CEO nya sendiri konsen dalam perhatian Disabilitas. Kami berupaya mengembangkan keterampilan teman teman disabilitas dengan harapan bisa menjadi seseorang professional dan mandiri. Salah satu dampaknya yakni melalui pemberdayaan hasil karya disabilitas dengan pemesanan produk karya hasil buatan warga binaan PSBNRW Cahaya Bathin, Jagakarsa, “ kata Delia

Lanjut kata dia, ada beberapa jenis produk hasil karya warga binaan PSBNRW, Cahaya Bathin, Jagakarsa yang dipesan untuk kegunaan kelengkapan barang souvenir acara seperti Tas bekal makan siang, tas laptop, kain tenun dan lainnnya.

“Kami bangga sekali ternyata hasil karyanya bagus bagus dan berkualitas, harganya juga terjangkau. Bahkan mendapat respon positif dari orang-orang banyak. Selain itu kami juga ikut membantu mempromosikan produk Loka Bina Karya Jagakarsa melalui story telling sebagai bentuk Brand Awareness ”, tutur Delia

Pihaknya berharap melalui pemberdayaan produk-produk hasil karya penyandang disabilitas ini, kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui produk mereka. Sekaligus dapat membantu perekonomian serta terpacunya semangat untuk menghasilkan produk karya yang lebih bagus dan kreatif.

Posted in Berita on 05 Sep, 2023