Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Fokus UMKM menggelar Pelatihan Pelaporan Keuangan Pengembangan Kewirausahaan Sosial Terpadu kepada 229 peserta yang terdiri dari e-warong aktif, pendamping Jakpreneur, koordinator daerah bansos pangan, pendamping bansos pangan dan satpel sosial kecamatan. Pelatihan ini digelar di lima wilayah Kota Administrasi pada 22-26 November 2021.

Kepala Bidang Pengembangan Kesejahteraan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (PKS PFM), Rani Nurani, menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan 2021 beberapa waktu lalu, dengan harapan binaan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dapat tertib administrasi, terutama terkait pelaporan keuangan.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat berimbas baik pada penyusunan laporan dan tertib administrasi oleh e-warong. Selain itu, terbentuknya sinergitas antara e-warong dan Jakpreneur, sehingga e-warong yang aktif bisa menjadi binaan Jakpreneur," terangnya pada Jumat (26/11).

Ketua Fokus UMKM, Roy Baskoro, menjelaskan pelatihan yang diberikan berupa praktek langsung penggunaan aplikasi pelaporan keuangan.

"Selain penjelasan materi, kami langsung prakteknya. Sehingga nantinya, e-warong mampu menyajikan laporan yang valid, by name by adress, bisa ketahuan juga total pemasukan dan pengeluarannya berapa," terangnya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah khasanah keilmuan bagi e-warong binaan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, terutama terkait penyusunan laporan keuangan dalam menjalankan usahanya. Sehingga laporan keuangan dapat tersaji secara valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Posted in Berita on 26 Nov, 2021