Penyuluh Sosial dan Pekerja Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta kembali memberikan layanan dukungan psikososial atau trauma healing bagi warga terdampak kebakaran di kawasan Jalan Kebon Jahe Kober, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (28/8).

Sebanyak 58 warga terdampak kebakaran yang terdiri dari 18 anak anak dan 40 orang dewasa mengikuti kegiatan layanan dukungan psikososial.

Sebagaimana diketahui menurut data Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, sebanyak 152 rumah hangus terbakar, 196 Kepala Keluarga dan 154 jiwa mengungsi akibat terdampak peristiwa kebakaran pada Rabu (23/8) malam.

Ketua Sub Kelompok Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinsos DKI, Debby Elva Dwi Anggraeny menjelaskan pihaknya sudah melaksanakan layanan dukungan psikososial yang ketiga kalinya di lokasi ini.

Kata dia, adapun bentuk kegiatan layanan dukungan psikososial tak ada yang berbeda dari sebelumnya seperti bernyanyi bersama, mewarnai, permainan teka teki dan lainnya.

Selain itu pihaknya juga sekaligus memberikan bantuan untuk anak anak dan ibu ibu yang mengikuti layanan dukungan psikososial berupa empat dus susu kemasan, dua dus biskuit, satu dus permen, satu dus agar agar. 20 buah handuk dan 24 pakaian daster.

Pihaknya berharap dengan sering adanya kegiatan layanan dukungan psikososial di lokasi ini. Warga yang terdampak kebakaran terutama anak anak dapat kembali kepercayaan dirinya serta menghilangkan rasa kecemasan berkelanjutan.

Posted in Berita on 28 Aug, 2023