Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memulangkan 125 warga binaan yang berasal dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Mereka diberangkatkan menggunakan bus dari Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Selasa (30/11) pagi.

Mereka merupakan warga binaan Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1, PSBI Bangun Daya 2, Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 1, PSBL Harapan Sentosa 2, PSBL Harapan Sentosa 3, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 3, Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya, Panti Sosial Bina Karya Wanita (PSBKW) Harapan Mulia, dan Panti Sosial Perlindungan (PSP) Bhakti Kasih.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan sebelum dipulangkan, warga binaan telah menjalani pembinaan di panti sesuai rumpunnya. Selain itu, dari aspek kesehatan, dinilai telah stabil, sehingga dapat dikembalikan kepada keluarganya.

"Mereka berasal dari panti lansia, panti anak terlantar dan panti disabilitas. Semuanya telah diberi layanan sosial dan telah dilakukan asesmen. Dari hasil asesmen tersebut, diperoleh hasil bahwa mereka boleh dipulangkan," ujar Kadis Premi.

"Kepada para peserta pemulangan, saya ucapkan selamat dan hati-hati di jalan. Begitu juga dengan para pendamping. Jaga kesehatan dan saling peduli," tambahnya.

Kadis Premi menuturkan, dengan dipulangkannya warga binaan sosial, tentunya harus menjadi perhatian tersendiri bagi pihak keluarganya.

"Jakarta memiliki daya tarik untuk dikunjungi orang dari luar daerah. Silahkan datang tapi dengan tujuan yang pasti. Kepada pihak keluarga, silahkan dijaga anggotanya yang kembali pulang. Berikan perhatian penuh, agar mereka tidak kembali ke jalanan," tutupnya.

Posted in Berita on 30 Nov, 2021