"Lembaga Swadaya Masyarakat ChildFund Internasional melaksanakan pemaparan Capaian Program sekaligus Penandatanganan Laporan Kegiatan ChildFund Internasional di Indonesia dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta periode Juni 2020 – Juli 2023, di Kantor Dinsos DKI, Jakarta Pusat, Selasa (31/10).

"Lembaga Swadaya Masyarakat ChildFund Internasional melaksanakan pemaparan Capaian Program sekaligus Penandatanganan Laporan Kegiatan ChildFund Internasional di Indonesia dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta periode Juni 2020 – Juli 2023, di Kantor Dinsos DKI, Jakarta Pusat, Selasa (31/10).

Pada kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Dinas Sosial diwakili Biro Perencanaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta oleh Sekretaris Dinas Sosial, Ari Sonjaya dan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Susy Dwi Harini, Yayasan Dharma Kasih dan Yayasan Panti Nugraha.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos DKI Jakarta, Susy Dwi Harini menjelaskan pihaknya menyambut baik atas kerjasama yang telah dibangun sudah lama bersama ChildFund Internasional.

Kerjasama tersebut sudah dirasakan masyarakat terutama yang terakhir pada program kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Lebih jauh ia menyampaikan karena ChildFund juga melibatkan unsur pilar pilar sosial dari Dinas Sosial DKI Jakarta seperti Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan lainnya.

“ Iya jadi dalam lima tahun terakhir karena wilayah program kerjanya di wilayah Jakarta. Maka mereka Ingin memaparkan hasil kerjasamanya sekaligus melakukan penandatanganan laporan kegiatan "" ujar Ibu Rini yang biasa akrab disapa

Ia mengatakan hal itu dilakukan guna memastikan bahwa LSM ChildFund tersebut tidak memiliki masalah di Indonesia. Dan murni bertujuan membantu masyarakat khususnya anak anak.

Selain itu karena willayah program kerja di DKI Jakarta salah satu tujuannya adalah agar dapat memperpanjang izin rencana program kerja tahunan selanjutnya.

“ Seperti yang dipaparkan pelaksanaan program kegiatan mereka bersama kami. Diantaranya yaitu sosialisasi mengenai perlindungan anak dan penggunaan ASI Eksklusif, metode parenting dan menyiapkan perilaku orang tua anak, itu menjadi salah satu prioritas mereka, “ katanya

Manager Partnership Portfolio ChildFund, Candra Dethan menambahkan dalam kegiatan kali ini pihaknya akan merencanakan beberapa intervensi pada 2023- 2024 di DKI Jakarta.

Diantaranya terbagi tiga ruang lingkup yaitu pertama mengenai pengasuhan responsive dan positif, seperti pendidikan kecapakan hidup, literasi keuangan, dan perlindungan anak berbasis masyarakat.

Kedua mengenai peningkatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial remaja dan orang muda seperti kesiapan kerja dan mempersiapkan orang muda sebagai agen perubahan.

Kemudian ketiga mengenai pengurangan resiko bencana tanggap dan pasca bencana seperti menyiapakan masyarakat untuk bisa melakukan mitigasi bencana dan menyesuiakan issue perubahan iklim.

Pihaknya berharap kedepan dengan ChilldFund berkolaborasi bersama Pemerintah dapat menghasilkan sesuatu sesuai visi misi ChildFund yaitu mewujudkan dunia anak anak agar mendapatkan hak dan menggapai potensi mereka.

Serta terbangunnya sinergitas antara Pemerintah Daerah untuk mengimplementasikan , monitor dan evaluasi bersama khususnya penanganan permasalahan anak. "

Posted in Berita on 03 Nov, 2023