Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menghadiri acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12).

"Hari ini kita merayakan Hari Disabilitas Internasional dengan tema Jakarta Cinta Disabilitas. Kita perhatikan betul untuk membangun sarana prasarana terutama bagi rekan-rekan difabel. Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja, mungkin bisa dihimbau terkait perusahaan untuk mengamanatkan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. BUMD mungkin untuk bisa membuka peluang kerja bagi saudara kita ini, di perusahaan Bapak Ibu sekalian, " ujar Pj Gubernur Heru dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan Pj Gubernur Heru ke stand pameran lapangan kerja (job fair) dan bazar UMKM dan produk karya warga binaan panti sosial rumpun disabilitas yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Baznas Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, POLDA Metro Jaya serta SKPD lainnya.

Dalam rangkaian peringatan HDI 2022, diselenggarakan Jobfair khusus untuk Disabilitas. Selain job fair, Jakarta Cinta Disabilitas juga memberikan pelayanan kepada Disabilitas berupa pembuatan SIM D/D1, Pembuatan KTP dan pemeriksaan Kesehatan. Semua pelayanan tersebut diberikan secara gratis untuk penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan alat bantu fisik berupa lengan bionik dan lutut prostetikkepada lima orang penyandang disabilitas. Selain itu juga dilaksanakan program Bedah Rumah bagi enam orang penyandang disabilitas prasejahtera.

Posted in Berita on 03 Dec, 2022