Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, meresmikan dibukanya kembali kegiatan Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) Duren Sawit dan UILS Dukuh, yang merupakan unit layanan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 2, pada Selasa (22/3).

Kadis Premi menilai, pandemi Covid-19 membawa dampak signifikan terhadap kegiatan pembinaan warga binaan sosial, karena segala aktifitas dibatasi. Begitu juga dengan kegiatan kedua UILS tersebut terpaksa dihentikan selama dua tahun.

"UILS ini sebagai wujud hadirnya Pemerintah di tengah masyarakat, khususnya penyandang disabilitas. Tidak hanya warga binaan sosial saja yang bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, tapi juga masyarakat disabilitas di luar panti sosial. Jadi manfaatkan ini sebaik mungkin. Berikan layanan terbaik bagi teman-teman penyandang disabilitas," ujarnya.

Plt. Kepala PSBL Harapan Sentosa 2, Prayitno, menjelaskan saat ini terdapat 1.105 warga binaan yang berada di PSBL Harapan Sentosa 2. Selain pelayanan dalam panti, PSBL Harapan Sentosa 2 juga mengampu layanan luar panti berupa UILS.

"Di sini menjadi tempat bagi warga binaan sosial untuk berkumpul, berbagi dan melakukan kegiatan pembinaan seperti hasta karya, musik, tata boga, melukis, menari dan bimbingan fisik serta keagamaan yang akan didampingi oleh instruktur, pekerja sosial, psikolog serta pengelola UILS," tuturnya.

Diharapkan dengan dibukanya kembali kegiatan di UILS Duren Sawit dan UILS Dukuh ini, dapat mewujudkan hak penyandang disabilitas mental mendapatkan informasi dan layanan sosial, serta mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebutuhan penyandang disabilitas mental.

Posted in Berita on 22 Mar, 2022