Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui Bidang Pengembangan Kesejahteraan Sosial kembali melakukan kurasi kepada sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Jakpreneur, di Kantor Dinsos DKI, Jakarta Pusat, Jumat, (8/9).

Pada kesempatan kurasi produk UMKM, Dinas Sosial DKI berkolaborasi bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya.

Sebanyak 15 binaan UMKM Jakpreneur Dinas Sosial DKI dari lima wilayah Kota Administrasi mengikuti kurasi tersebut.

Ketua Sub Kelompok Penanganan Fakir Miskin Dinsos DKI Jakarta, Rissye menjelaskan kurasi kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya karena lebih menekankan kriteria khusus pada standarisasi pemasaran yang ada di Perumda Pasar Jaya.

" Iya kurasi ini baru pertama kalinya di tahun 2023 bersama PD Pasar Jaya, agak sedikit berbeda. Karena yang dilihat tak hanya dari produknya saja namun juga pada ketentuan PD Pasar Jaya. Misalnya seperti UMKM nya harus memiliki dokumen Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi Pangan dan Industri Rumah Tangga (PIRT), standard minimal Halal, kemudian dari segi kemasan produknya pun mereka punya kriteria khusus, " ujar Rissye

Lebih jauh kata dia, selain itu kurasi yang dinilai PD Pasar Jaya memiliki kriteria khusus diantaranya juga harus mencantumkan komposisi atau bahan baku produk pada kemasan, tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsa.

Karena setelah memenuhi kriteria khusus tersebut produk binaan nantinya akan dipasarkan di gerai-gerai PD Pasar Jaya yang tersebar di seluruh Jakarta.

" Iya targetnya dari binaan yg hadir, minimal ada 10 binaan UMKM yang bisa masuk Gerai PD Pasar Jaya, " tuturnya

Terpisah Tim Kurasi dari Manajer Pemasaran Ritel PD Pasar Jaya, Amron Situmorang menambahkan pihaknya menilai sejauh ini seluruh peserta UMKM yang mengikuti kurasi sudah memiliki persiapan.

Kata dia, pada proses kurasi ada beberapa indikator penilaian diantaranya yakni segi tampilan produk, rasa, sistem perdagangan serta kesiapan administrasi. Karena cakupan hal tersebut merupakan bagian dari standarisasi ritel modern track.

" Mayoritas UMKM tadi sudah siap. Produk-produknya juga bagus dan variannya banyak, " kata Amron

Lebih jauh ia menyampaikan, setelah kurasi tersebut selanjutnya pihaknya bersama Dinsos DKI akan berkoordinasi guna perjanjian kerjasama mengenai kesiapan produk UMKM binaan Jakpreneur yang akan dipasarkan pada 34 gerai PD Pasar Jaya yang tersebar di seluruh Jakarta.

Pihaknya berharap dengan awal kurasi ini. Kedepan produk UMKM binaan Jakpreneur Dinsos DKI semakin termotivasi untuk berkembang. Serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga terus mendukung dalam kegiatan serupa, sehingga UMKM khususnya binaan Jakpreneur memiliki akses dalam meningkatkan kualitas perdagangannya.

Posted in Berita on 13 Sep, 2023