Kepala Sekretariat Masjid Raya JIC, Ahmad Juhandi, mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja.

Pengurus Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) akan meniadakan penyelenggaraan Salat Idul Adha pada Selasa, 20 Juli mendatang.

Kepala Sekretariat Masjid Raya JIC, Ahmad Juhandi, mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja.

"Ini sesuai Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.11 tahun 2021 yang mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban 1442 H di Wilayah PPKM Darurat. Untuk itu kami mengimbaunkepada masyarakat untuk salat Idul Adha di rumah saja," ujarnya, Sabtu (18/7).

Kepala Sub Divisi Dakwah Masjid Raya JIC, Ma’arif Fuadi, menjelaskan tata cara dan hal-hal terkait seputar pelaksanaan salat Idul Adha di rumah.

“ Menurut mayoritas pendapat ulama hukum salat Idul Adha adalah sunnah. Waktunya setelah terbitnya matahari, afdholnya saat matahari telah naik kira-kira satu tombak atau kira-kira 15-30 menit setelah matahari terbit. Jika matahari terbit pukul 06.00. Maka salat Idul Adha dapat dilaksanakan pada pukul 06.30. Waktu salat Idul Adha berakhir ketika sudah masuk waktu Dzuhur. Salat dilaksanakan dua rakaat, tata caranya hampir sama seperti salat yang lainnya," paparnya.

"Niatnya cukup dengan ushalli sunnatan liidil adha rok'ataini (makmuman atau imaaman) lillahi ta'ala," tambah Ma'arif.

Niat dilakukan berbarengan dengan takbiratul ihram, kemudian membaca doa iftitah. Setelah takbiratul ihram, ada tambahan takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama, sedangkan pada rakaat kedua lima kali takbir.

"Disunnahkan berhenti sebentar setiap diantara dua takbir tambahan tersebut untuk membaca subhanalloh walhamdulillah walaa ilaaha illallohu Allahu akbar atau membaca laa ilaaha illallohu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu biyadihil khoir wahuwa alaa kulli syaiin qodiir," terangnya.

Posted in Berita on 18 Jul, 2021