Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan bersama Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) Rumah Kita menghelat acara menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI) dengan Wisata Edukasi dan Refreshing Taman Margasatwa Ragunan bagi penerima manfaat penyandang disabilitas mental , di Jakarta Selatan, Kamis (16/11).

Sebagaimana diketahui UILS Rumah Kita merupakan unit dibawah naungan Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan yang memberikan pelayanan bagi penerima manfaat penyandang disabilitas mental di lingkungan masyarakat melalui rehabilitasi sosial yang komprehensif dan terfokus.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Plt. Kasie Perlindungan, Jaminan, dan Rehabilitasi Sosial, Pekerja Sosial, Penyuluh Madya Dinas Sosial DKI Jakarta, Pendamping Sosial Kementerian Sosial, Penerima manfaat, pengelola serta staf UILS Rumah Kita.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Bernard Tambunan menjelaskan pihaknya menghelat kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan undang undang Peratuan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 4 Tahun 2022.

Yaitu mengenai pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dibidang Kesejahteraan Sosial, sehingga dapat terwujudnya kesamaan hak dan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas di masyarakat tanpa adanya diskriminatif.

Selain itu kata dia, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus sebagai media edukasi tentang pengenalan dan pelestarian satwa, serta melatih kepercayaan diri dalam berdiskusi bersama.

“ Iya agar dari acara ini juga dapat memberikan kenangan yang tak mudah dilupakan bagi penerima manfaat.” Ujar Bernard

Adapun rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan briefing dan peregangan tubuh. Kemudian dilanjutkan berkeliling Taman Margasatwa Ragunan dan jalan-jalan berkeliling Ragunan Zoo.

Lebih jauh ia mengatakan setelah itu penerima manfaat melaksanakan istirahat . Dilanjutkan dengan kegiatan sharing atau diskusi bersama menyampaikan kesan pesan hingga diakhiri dengan foto bersama.

Pihaknya berharap melalui kegiatan Wisata Edukasi dan Refreshing tersebut dapat memberikan kesan yang tak terlupakan sekaligus menambah wawasan. Sehingga dapat terjalinnya komunikasi serta silaturahmi yang baik antara Pemerintah dan penerima manfaat penyandang disabilitas mental.

Posted in Berita on 22 Nov, 2023