Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat meluncurkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial melalui Satu Data. Peresmian tersebut dilakukan di Aula Gedung Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (29/11).

Pelayanan Kesejahteraan Sosial melalui Satu Data ini merupakan gagasan kreatif dari Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Abdul Salam, yang tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) atau Diklat Pim tingkat tiga.

"Hal ini saya gagas karena banyak laporan masyarakat terkait lambatnya proses laporan di bidang sosial. Semoga ini dapat menjawab apa yang menjadi permasalahan sosial di lapangan. Adanya sistem ini tentunya mempermudah dalam hal pengurusan pelayanan kesejahteraan sosial, seperti pengajuan alat bantu fisik perorangan, rekomendasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), dan permohonan bantuan untuk korban bencana," ujar Abdul Salam.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, mengapresiasi digagasnya aplikasi satu data ini, karena dapat memecahkan sejumlah kendala yang muncul di masyarakat, terutama terkait pelayanan sosial.

"Yang dibutuhkan terkait aspek sosial semuanya dirangkum dalam satu aplikasi. Dirancang dalam suatu konsep pengganti aktifitas manual berbasis android. Tidak lupa selalu menanamkan nilai-nilai publik dalam setiap pengambilan kebijakan, sesuai dengan kepentingan publik dan ini diaplikasikan dalam sistem satu data. Mari kita apresiasi gagasan Pak Alam ini, " tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari.

"Semoga SATU DATA ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, oleh karena itu saya senantiasa memberikan dukungan dan semangat atas implementasi Aksi Perubahan Peningkatan Penyebarluasan Informasi Kesejahteraan Sosial melalui Satu Data di Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat. Saya berharap, seluruh inovasi yang nantinya diaplikasikan di wilayah Jakarta pusat, akan bermanfaat bagi layanan masyarakat, " ujarnya.

Posted in Berita on 29 Nov, 2022