"Satuan Petugas Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi DKI Jakarta berencana akan menggelar pelatihan Tagana Muda yang terdiri dari kalangan praktisi, akademisi hingga influencer pada akhir 2023 mendatang.

"Satuan Petugas Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi DKI Jakarta berencana akan menggelar pelatihan Tagana Muda yang terdiri dari kalangan praktisi, akademisi hingga influencer pada akhir 2023 mendatang.

Ketua Tagana DKI Jakarta, Johnny Marlen Siahaan menjelaskan pihaknya berencana akan melaksanakan kegiatan tersebut guna membantu Tagana dalam meningkatkan kesadaran penanggulangan bencana secara mandiri berbasis masyarakat.

“ Iya adanya anggota Tagana Muda diharapkan nantinya dengan kemampuan bidangnya masing masing mereka bisa membantu memberdayakan masyarakat itu sendiri. Kedepan tanpa lagi menunggu bantuan dari Pemerintah dalam hal kegiatan penanganan bencana, “ ujar Johnny

Lanjut ia memaparkan bahwa terdapat tiga siklus yang perlu dipahami dan disiapkan masyarakat dalam menghadapi bencana diantaranya pra, saat dan pasca bencana.

Misalkan salah satunya pada pra bencana, masyarakat perlu memahami persiapan dalam melakukan mitigasi bencana, mengukur kerentanan di lingkungan hingga membuat solusi.

“ Dari ketiga siklus tersebut nantinya masyarakat diberikan pemahaman mengenai bagaimana ketika menghadapi bencana sebelum, saat dan sesudah. Jadi pada 2024 mendatang Tagana memang akan lebih menfokuskan kegiatan pemberdayaan masyarakat, “ katanya

Lebih jauh Komandan Johnny yang biasa akrab disapa menyampaikan pihaknya rencananya akan membuka kuota angkatan baru Tagana Muda tersebut sesuai standard kurikulum sebanyak 70 orang yang berlangsung tiga hari dengan 70 jam latihan.

Adapun tujuan utama rencana pelaksanaan Tagana Muda, kata dia diharapkan kedepannya dapat terus bekerjasama dengan para pihak Praktisi, Akademisi, Politisi hingga Influencer.

Guna membantu sisi edukasi sekaligus pendampingan masyarakat mengenai respon, rehabilitasi dan regulasi kebencanaan sesuai bidang masing masing.

Pihaknya berharap dengan adanya rencana pelaksanaan Pelatihan Tagana Muda. Dapat terjalin sinergitas antara Tagana DKI dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial untuk pembinaan lebih baik. Serta ditunjang melalui peralatan mutakhir, perlengkapan dan peningkatan kompetensi anggota. "

Posted in Berita on 03 Nov, 2023